Berita Daerah

Bangun Posko Kesehatan di Bolsel, Ini Yang Dilakukan Tim Gerak Cepat Dinkes Bolmut

Kepala Dinas Kesehatan Bolmut dr Jusnan C Mokoginta MARS mengatakan aksi ini merupakan tugas kemanusiaan dan wajib untuk saling membantu.

Istimewa.
Tim Gerak Cepat Dinkes Bolmut saat memberikan pelayanan medis kepada warga yang dlterdampak bencana alam di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Kesehatan hingga hari ini menyalurkan bantuan bagi warga yang terdampak bencana alam di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Minggu (2/7/2020).

Selain Bantuan Sembako ada juga Bantuan Pelayanan Kesehatan yang dilaksanakan Oleh Tim Medis dan Paramedis yang di instruksi dari Pimpinan Daerah Bupati Bolaang Mongondow Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Bolmut dr Jusnan C Mokoginta MARS mengatakan aksi ini merupakan tugas kemanusiaan dan wajib untuk saling membantu.

"Jadi sudah ada Tim Gerak Cepat Dinkes Bolmut yang saat ini telah mendirikan Posko kesehatan untuk korban bencana bolsel," jelas Mokoginta kepada Tribun Manado.

Dikatakannya, Posko Kesehatan ini berfungsi memberikan pelayanan medis kepada warga korban bencana alam.

"Di Posko tersebut, warga terutama para korban bencana alam bisa memeriksakan kondisi kesehatan secara gratis," ujarnya.
Diketahui, untuk hasil Pelayanan Kesehatan pada Korban bencana banjir berjumlah 189 orang Di Desa Mataindo 112 Pasien, Di Desa Tobayagan 77 Pasien.

"Paling banyak keluhan dari pasien yaitu Gatal Gatal, Batuk, Flu, serta dari data pemeriksaan Penyakit tidak neluar Hipertensi dan Kolesterol menjadi dominan pada saat pemeriksaan,” ungkap Mokoginta.

Lanjutnya, selain pemeriksaan secara Umum Tim Dinkes Bolmut juga melakukan pemeriksaan PTM pada usia lanjut sebelumnya melakukan penyuluhan dan pesan masa Pandemic Covid-19.

"Diantarannya imbauan untuk tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan selalu mencuci tangan di air mengalir, menggunakan masker, tetap menjaga jarak dan mengkonsumsi makanan bergizi," tutup Mokoginta 

Diketahui, Tim Dinkes Bolmut disambut lansung oleh Bupati Bolsel melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pak Rambli Abdul Majid SPd, Bersama Kadis Kesehatan Kabupaten Bolsel. ( Tribunmanado/Mejer Lumatow)

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

Penulis: Majer Lumantow
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved