Breaking News:

Berita Sulut

Sulut Sudah Bisa Keluarkan 750 Sampel Swab Per Hari

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), terus berupaya memaksimalkan kapasitas pemeriksaan di laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR)

tribunmanado.co.id/Don Ray Papuling
Juru bicara gugus tugas Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), terus berupaya memaksimalkan kapasitas pemeriksaan di laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) yang ada di BTKLPP, BPOM dan RSUP Prof Kandou.

Juru bicara gugus tugas Provinsi Sulawesi Utara dr Steaven Dandel, Jumat (31/7/2020) saat dihubungi Tribun Manado mengatakan peningkatan kapasitas ketiga lab PCR di Sulut tersebut, saat ini terus diupayakan dan mulai terasa dampaknya.

"Sebab dari sebelumnya kita hanya mampu mengeluarkan hasil 400 sampel swab perhari, pada Juni lalu, saat ini sesuai target kita sudah mampu mengeluarkan 600 hingga 750 sampel swab per hari," ucapnya.

Pemkab Boltim Sumbang 10 Hewan Kurban, Kabag Kesra: Hasil Patungan Seluruh SKPD

Dimana lanjut Dandel, hal tersebut telah sesuai perencanaan dan target, dimana pada akhir bulan Juli, ketiga lab yang ada di Sulut akan mampu mengeluarkan hasil diangka 600 sampel swab perhari.

"Namun, ini belum berakhir disini karena selain peningkatan kapasitas lab, kita juga mendapatkan bantuan mobil lab PCR yang maksimalnya mampu memeriksa 120 sampel dan hasilnya hanya delapan jam," beber dia.

Sehingga lanjutnya, jika mobil lab PCR ini beroperasi dan dimaksimalkan, Sulut akan mampu mengeluarkan kisaran 870 hingga 1000 sampel swab perhari.

"Tentu ini akan semakin baik karena selain mengurangi waktu antrian, kita juga dapat mengimbangi gencarnya deteksi yang dilakukan tim surveilans di lapangan dan hasil swab akan cepat keluar, sehingga dapat berpengaruh besar dalam identifikasi kasus serta kebijakan di lapangan," tandas Dandel. (drp)

BRI Kanwil Manado Kurbankan 90-an Sapi dan Kambing di Idul Adha 1441 Hijriah

Penulis: Don Ray Papuling
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved