Olly Serahkan 210 Ekor Sapi: Pecahkan Rekor saat Pandemi

Bolaang Mongondow Selatan mendapatkan sapi, hewan kurban dari Presiden Joko Widodo

Tribun manado / Christian Wayongkere
Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyerahkan secara simbolis hewan kurban dari Pemprov Sulut dan pribadi ke Kota BItung, di tepi lapangan Sari Cakalang Madidi Bitung, didampingi Maurits Mantiri Wakil Wali Kota BItung dan Hengky Honandar anggota DPRD Sulut dari fraksi PDI Perjuangan, Kamis (30/7/2020) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Bolaang Mongondow Selatan mendapatkan sapi, hewan kurban dari Presiden Joko Widodo untuk perayaan Iduladha 1441 Hijriah yang jatuh pada Jumat (31/7/2020).

Sementara Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyalurkan 210 ekor sapi jantan. Sapi kurban tersebut hasil sumbangan perorangan, kelompok, corporate social responsibilty (CSR) perusahaan dan APBD Provinsi Sulut.

Presiden dan Keluarga Salat Id di Bogor

Olly menyerahkan sapi kurban di halaman belakang Kantor Gubernur, Kamis kemarin. Gubernur menyerahkan kurban tersebut kepada perwakilan umat Muslim, kemudian disalurkan ke masjid yang tersebar di Sulut. "Kabupaten kota yang ada di Sulut semua mendapatkan bantuan, kurang lebih ada 210 ekor sapi yang kita salurkan dalam rangka Hari Raya Kurban," kata Olly.

Seekor sapi kurban di antaranya merupakan sumbangan Presiden Jokowi. Kata Gubernur, sapi sumbangan Jokowi diserahkan ke Kabupaten Bolsel, Olly juga mengajak seluruh masyarakat untuk merayakan Iduladha dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Tentunya atas nama pemerintah mengimbau kepada masyarakat dalam memperingati Hari Raya Kurban ini, mari kita tetap jaga jarak, cuci tangan dan menggunakan masker, dan kita berdoa bersama-sama di Hari Raya Kurban ini Covid-19 hilang dari Sulut,” ungkap Olly.

Syahrul Poli, Ketua Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) Sulut mengatakan, sempat khawatir di awal soal kurban ini karena bertepatan dengan Covid 19. Apalagi APBD Sulut banyak porsinya digeser untuk penanganan Covid 19. Ia sempat mengontak Sekprov Edwin Silangen menanyakan perihal dana hewan kurban, karena tiap tahun selalu dianggarkan Pemprov. "Pak Sekprov jawab aman bro," kata Syahrul.

Masih sedikit waswas, ia juga menanyakan ke Gubernur Olly. Ia pun lega karena sudah dijanjikan Gubernur hewan kurban tetap disiapkan pemerintah. "Pak Gubernur bilang tetap dikasih, sapinya besar dagingnya banyak," kata Syahrul.

Jokowi Berkurban 35 Sapi 

Itu pun dibuktikan saat penyerahan sapi jantan yang disiapkan itu sehat dan besar. Syarhul pun menekankan tahun ini di masa Covid 19, sumbangan hewan kurban melampaui rekor. "Belum pernah sampai 210 ekor, baru kali ini," kata dia. Ia menyampaikan ucapan terima kasih ke Gubernur yang sudah memberikan perhatian hingga terlaksananya penyaluran hewan kurban.

Kepala Biro Kesra Pemprov Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos menerangkan tujuan penyerahan hewan kurban sebagai wahana religius untuk lebih meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan. Serta makin menumbuh suburkan rasa kepedulian terhadap sesama dengan cara mau berkorban dan membantu saudara–saudaranya yang berkekurangan dan membutuhkan pertolongan.

Adapun penyerahan sapi kurban turut dihadiri oleh Sekdaprov Edwin Silangen, Ketua MUI Sulut KH Abdul Wahab Abdul Gafur, Ketua PHBI Sulut Syahrul Poli, Ketua BAZNAS Abid Takalamingan para pejabat Pemprov Sulut dan perwakilan dari kabupaten dan kota se-Sulut.

Di Kota Bitung, sebanyak 9 sapi bantuan pribadi dari Keluarga Mantiri-Tangkudung dan Honandar-Sondakh diberikan ke sejumlah masjid. Penyerahan bantuan itu bersamaan dengan kurban dari Pemprov Sulut, yang diserahkan oleh Gubernur Olly di tepi Lapangan Sari Cakalangan Madidir Bitung. Dari Keluarga Mantiri-Tangkudung diserahkan oleh Maurits Mantiri Wakil Wali Kota Bitung dan dari keluarga Honandar Sondakh diserahkan oleh Hengky Honandar, Anggota DPRD Sulut dari Fraksi PDIP.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved