PLN Alihkan Saluran Kabel Udara di Manado ke Jaringan Bawah Tanah

Di tengah pandemi Covid 19 ini, kami terus berusaha untuk mempercepat proses pekerjaan dengan penyediaan material

ISTIMEWA
PLN Bangun Kabel SKTM 20 KV di Kota Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado akan mengalihkan Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) 20 Kilo Volt (kV) dari kabel udara menjadi kabel tanam di lokasi Gardu Induk Teling ke Kantor Gubernur, Gardu Induk Teling ke Bumi Beringin, Gardu Induk Ranomut ke Gardu Hubung Komo dan Brimob Paniki ke Gardu Hubung Bandara.

Andre Lengkong, Manager UP3 Manado menyampaikan, teknologi tersebut diusung PLN untuk terus meningkatkan infrastruktur dalam memenuhi kebutuhan listrik yang semakin meningkat.

Caranya dengan memasang kabel bawah tanah tersebut yang mengalirkan tegangan sebesar 20 kV (kilo volt).

Selain itu pembangunan Saluran Kabel Bawah Tanah 20 kV ini juga termasuk pekerjaan rehabilitasi Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) 20 kV dalam rangka memperbaiki estetika kota Manado.

"Di tengah pandemi Covid 19 ini, kami terus berusaha untuk mempercepat proses pekerjaan dengan penyediaan material untuk kelanjutan pekerjaan bisa selesai," kata Lengkong, Kamis (30/07/2020).

Katanya, PLN meminta maaf kepada masyarakat bila ada hal-hal yang mengganggu aktivitas akibat dari pembangunan tersebut.

Menurutnya, pembangunan tersebut lebih penting untuk keandalan sistem kelistrikaan sekaligus mengubah estetita Kota Manado ke depan.

Diharapkan kehandalan pasokan listrik Kota Manado semakin meningkat sehingga kepercayaan investor akan semakin baik dan efeknya pembanguna makin berkembang dalam menunjang perekonomian Sulut

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Manado, Jimmy Rotinsulu menyampaikan, pihaknya telah memberikan rekomendasi pembangunan instalasi kabel listrik di bawah tanah oleh PLN.

Katanya, pembangunan ini tidak hanya diperuntukkan untuk perwajahan kota tapi juga berdampak dengan perekonomian masyarakat.

"Dengan pembangunan instalasi kabel listrik di bawah tanah ini, wajah Kota Manado lebih bagus dan tidak terganggu dengan banyaknya kabel yang bergelantungan," ujar Jimmy. (*)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved