Breaking News:

Puasa Arafah 1441 H

Jadwal Imsak, Bacaan Niat Puasa dan Buka Puasa Arafah 1441 H, Kamis 30 Juli 2020

Puasa Arafah yang dikerjakan pada 9 Dzulhijjah 1441 H diawali dengan niat saat sahur dan berbuka puasa saat matahari terbenam.

ISTIMEWA
Niat Puasa Arafah dan doa buka puasa Idul Adha 9 Dzulhijjah lengkap keutamaan serta amalan sunnah. () 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

Puasa Arafah yang dikerjakan pada 9 Dzulhijjah 1441 H diawali dengan niat saat sahur dan berbuka puasa saat matahari terbenam.

Berikut ini kami sajikan jadwal imsak dan buka puasa Arafah, Kamis 30 Juli 2020 untuk Kota Jakarta, Semarang, Surabaya dan Makassar, disertai dengan bacaan niat puasa.

Dasar hukum melakukan puasa Arafah didasarkan pada hadis Nabi Muhammad SAW, sebagaimana dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, muhammadiyah.or.id: 

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ ... ... ... عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ...[رواه مسلم وأحمد].

"Dari Abu Qatadah (diriwayatkan) bahwa Rasulullah saw ditanya tentang puasa hari Arafah, lalu beliau menjawab: [Puasa hari Arafah itu] menghapus dosa-dosa satu tahun lalu dan satu tahun tersisa …" [HR. Muslim dan Ahmad]

عَنْ هُنَيْدَةَ بْنِ خَالِدٍ عَنِ امْرَأَتِهِ عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِىِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ [رواه أبو داود وأحمد والبيهقي].

"Dari Hunaidah Ibn Khalid, dari istrinya, dari salah seorang istri Nabi saw [diriwayatkan bahwa] ia berkata: Adalah Rasulullah saw melakukan puasa pada sembilan hari bulan Zulhijah, hari Asyura, tiga hari setiap bulan, dan hari Senin dan Kamis pertama setiap bulan [HR Abu Dawud, Ahmad, dan al-Baihaqi]

Jadwal Imsak, Subuh dan Buka Puasa

Sebagaimana puasa pada umumnya, saat hendak berpuasa Arafah, dianjurkan untuk makan sahur sebelum waktu subuh atau berhenti makan saat imsak. 

Berikut jadwal imsak dan subuh untuk puasa Arafah di Jakarta, Semarang, Surabaya dan Makassar sebagaimana dikutip dari laman bimasislam.kemenag.go.id

Halaman
1234
Editor: Gryfid Talumedun
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved