Breaking News:

Update Virus Corona Indonesia

Sebut Klaster Baru Covid-19 di Perkantoran adalah Ironi, Anggota Komisi IX DPR RI: ya Begini Jadinya

Rahmad Handoyo menilai banyak munculnya klaster baru penyebaran Covid-19 di kawasan perkantoran adalah sebuah ironi.

KOLASE TRIBUNMANADO
Illustrasi virus corona dikeramaian 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Belakangan ini beredar berbagai kabar dari penyebaran virus corona atau Covid-19 di lingkungan perkantoran.

Terkait hal tersebut, dikabarkan seorang anggota DPRI akhirnya angkat bicara.

Belum lama ini, Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Rahmad Handoyo menilai banyak munculnya klaster baru penyebaran Covid-19 di kawasan perkantoran adalah sebuah ironi.

Ini mengingat perkantoran dihuni orang yang berpendidikan.

Mereka tentu memahami apa dan bagaimana protokol kesehatan Covid-19 harus dilakukan.

"Kenyataan ini sangat ironis. Mengapa? Karena orang-orang yang berada dikantor kan umumnya berpendidikan," ujar Rahmad, kepada Tribunnews.com, Rabu (29/7/2020).

"Semestinya mereka sudah paham bagaimana seharusnya menyikapi ancaman Covid-19 ini. Tapi kan kenyataannya banyak perkantoran yang kini menjadi klaster baru, khususnya di Jakarta," lanjutnya.

Petugas kesehatan dari layanan tanggap darurat medis membawa Eladio Lopes Brasil (79), yang terinfeksi virus corona baru, dengan tandu yang akan dipindahkan dengan kapal ambulans dari komunitas Portel ke rumah sakit di Breves, di pulau Marajo, negara bagian Para, Brasil, pada 25 Mei 2020. Layanan kapal ambulan memungkinkan pasien COVID-19 yang kritis dipindahkan di daerah yang sangat terpencil yang dikelilingi oleh air di Brasil.
Petugas kesehatan dari layanan tanggap darurat medis membawa Eladio Lopes Brasil (79), yang terinfeksi virus corona baru, dengan tandu yang akan dipindahkan dengan kapal ambulans dari komunitas Portel ke rumah sakit di Breves, di pulau Marajo, negara bagian Para, Brasil, pada 25 Mei 2020. Layanan kapal ambulan memungkinkan pasien COVID-19 yang kritis dipindahkan di daerah yang sangat terpencil yang dikelilingi oleh air di Brasil. ((TARSO SARRAF / AFP))

Rahmad mengingatkan sebelum vaksin ditemukan, maka kunci untuk menang dalam perang melawan Covid-19 hanyalah kedisiplinan tinggi dalam mematuhi protokol kesehatan.

"Kalau protokol kesehatan seperti jaga jarak, penggunaan masker dan anjuran untuk mencuci tangan pun terabaikan atau dianggap remeh, ya begini jadinya," kata dia.

Dia mengimbau agar para pekerja kantoran mendisiplinkan diri dan menjadikan masalah ini sebagai proses pembelajaran bersama. Sehingga klaster perkantoran ini tidak akan meledak dan semakin parah.

Halaman
12
Editor: Bravi Pangajouw
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved