Hari Bhakti ke 73 TNI AU

Hari Bhakti ke-73 TNI AU Lanudsri Manado Sederhana Namun Penuh Makna

Hujan deras yang melanda Manado dan sekitarnya tak menghalangi semangat jajaran Lanudsri Manado memaknai Hari Bhakti ke-73 TNI AU

Tribun Manado / Fernando Lumowa
Upacara Hari Bhakti ke-73 Lanudsri Manado di Balai Prajurit TNI AU Manado, Rabu (29/07/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Hujan deras yang melanda Manado dan sekitarnya tak menghalangi semangat jajaran Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) Manado memaknai Hari Bhakti ke-73 TNI AU, Rabu (29/07/2020).

Upacara yang awalnya direncanakan digelar di Lapangan Dirgantara, dipindahkan ke Balai Prajurit. Meski begitu, alam yang tak bersahabat tak mengurangi khidmat upacara.

Komandan Lanudsri Manado, Kol. Pnb Abram Tumanduk SSos menjadi Inspektur Upacara. Jajaran pejabat utama dan prajurit menjadi peserta upacara.

Tumanduk yang membacarakan amanat Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Dalam amanatnya, Kasau fokus pada upaya bangsa ini menghadapi Pandemi Covid-19.

Ini Strategi Pemkab Bolmong Pulihkan Ketahanan Pangan di Dumoga

Dikatakan, pandemi Covid-19 masih terus melanda bangsa Indonesia. Bahkan, wabah virus ini telah menginfeksi lebih dari 16 juta jiwa yang tersebar di 216 negara di
dunia.

Di Indonesia sendiri sudah menelan lebih dari 4.800 korban jiwa. Tidak hanya itu, dampak pandemi bahkan meluas hingga kehidupan sosial dan perekonomian bangsa.

Namun demikian, di balik musibah pasti ada hikmah. "Dari Covid-19 kita belajar untuk saling berempati dan ikut merasakan kesulitan masyarakat di sekitar kita," katanya.

PDIP Siap Tempur di Pilkada Manado, Mesin Partai Terbentuk Hingga ke Lingkungan

Wabah ini mengajarkan kita untuk bersatu dan saling bahu membahu sebagai satu bangsa. "Kita harus berjuang dan bangkit bersama. Saling mendukung dan saling meringankan beban saudara sebangsa dan setanah air," katanya.

Katanya, inilah makna sesungguhnya dari Hari Bhakti TNI AU, yakni kerelaan untuk berkorban, kesediaan untuk menjadi contoh, serta ikut meringankan beban dan kesulitan rakyat di sekeliling.

Dengan mengambil 'Nilai-nilai Kepahlawanan 29 Juli 1947,' TNI AU berkomitmen mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru menuju Indonesia Maju.

TNI AU sendiri telah membantu pemerintah dalam penjemputan dan pendistribusian alat kesehatan dan kebutuhan logistik ke seluruh penjuru Indonesia.

Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Sitaro Diagendakan Berlangsung September

TNI AU juga menyiapkan RS dan menugaskan tenaga kesehatan guna menangani masyarakat terkena pandemi.

Selain itu, para prajurit TNI AU turut dilibatkan dalam mensosialisasikan penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru kepada masyarakat.

Semua upaya tersebut adalah bentuk bakti TNI AU bagi bangsa dan negara. Kasau berpesan bahwa bahaya wabah Covid-19 masih berada di sekitar.

Danlanudsri Manado, Kol Pnb Abram Tumanduk mengatakan, meskipun digelar sederhana, peringatan Hari Bhakti ke-73 sarat makna.

"Mewarisi semangat pengorbanan para pendahulu kita, mari kita terus mendarmabaktikan diri untuk bangsa dan negara ini," katanya.(ndo)

RINCIAN 44 Kasus Positif Covid-19 di Sulut Selasa 28 Juli, Tomohon Ungguli Manado

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved