Torang Kanal

Gadis Cantik di Minsel Ini Ingin Jadi Perawat

Di masa pandemi Covid-19 tugas dan kerja dokter maupun perawat adalah garda terdepan sekarang ini

Istimewa/Kolase
Meliva Tamba 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Di masa pandemi Covid-19 tugas dan kerja dokter maupun perawat adalah garda terdepan sekarang ini.

Dengan pandemi ini, tidak menyurutkan niat gadis cantik bernama Meliva Tamba untuk meraih cita-citanya yang ingin melanjutkan studinya di bidang keperawatan.

Tetapi mengingat ekonomi keluarganya, anak kedua dari dua bersaudarauntuk saat ini bekerja dan ingin mengumpulkan uang, agar bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

"Karena sekarang, kalau mau kerja sebagai tenaga medis harus lanjut studi di perguruan tinggi bidang keperawatan, dan kalau hanya lulusan SMK sekarang belum ada RS di Sulawesi Utara yang membuka lowongan pekerjaan," kata perempuan kelahiran Tondey, 16 April 2001.

Aisyah Terbaring Selama 15 Tahun, Bermula Saat Hadiri Hajatan, Tak Berobat Dokter Hanya ke Dukun

Bagi gadis usia 19 tahun ini,  sebelum ada Virus Corona atau Covid-19 ini menyebar, dirinya pernah mengikuti Praktik Kerja Lapangan PKL) di Rumah Sakit (RS) di Kalooran, Amurang, dan bertugas guna membantu dan merawat pasien.

"Sebagai seorang perawat, sudah menjadi risiko profesinya, harus dijalankan, ditempatkan di mana pun, tak terkecuali ketika terjadi pandemi seperti sekarang ini," ucap perempuan yang hobi membaca dan mendengar musik ini.

Namun baginya, tidak semua perawat mau ditempatkan di ruang isolasi, karena risiko yang cukup tinggi tapi itulah sumpah perawat. Rasa tanggung jawab menjadi perawat, tugas yang harus diembannya, mengalahkan rasa takut risiko terpapar.

Hujan Lebat Disertai Petir, Prakiraan Cuaca Ekstrem BMKG Kamis-Jumat, 30-31 Juli 2020

"Bertugas menjadi perawat tentunya bukan hal yang mudah, terlebih lagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini," tambah wanita lulusan keperawatan di SMK Negeri 1 Amurang.

Gadis pemilik akau Facebook bernama @Meliva Tamba juga katakan, selain memperhatikan kesehatan pasien, seorang perawat juga harus memperhatikan kesehatan sendiri, agar selalu siap dalam mengemban amanat baik di dalam rumah maupun di tempat kerja.

"Sebagai perawat harus dibutuhkan ketulusan, keikhlasan dan kepercayaan pada Tuhan untuk mengemban tugas. Demi menjaga keluarga, protokol ketat tentang kebersihan harus dilakukan, seperti, jaga jarak, rajin cuci tangan, pakai masker saat keluar rumah, bukan hanya dilakukan saat di area kerja sesuai dengan prosedur yang berlaku, saat di rumah pun tetap menerapkan hal yang sama," tutupnya.(fis)

Kisah Suami Setia Merawat Istrinya yang Idap Kanker Otak dan Anak-anaknya, hingga Rela Resign Kerja

Penulis: Fistel Mukuan
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved