Breaking News:

Pilkada 2020

Bawaslu Telah Memanggil UKP Terkait Dugaan Politik Praktis, Hariyanto: Kami Segera Menyurat ke KASN

Kordiv Hukum, Penindakan Pelanggaran & Penyelesaian Sengketa Bawaslu Boltim Hariyanto SE mengatakan, Bawaslu telah memanggil UKP

Istimewa
Kordiv Hukum, Penindakan Pelanggaran & Penyelesaian Sengketa Bawaslu Boltim Hariyanto SE 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Badan pengawasan pemilu (Bawaslu) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) telah memanggil Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Uyun Kunaefi Pangalima (UKP), untuk dimintai keterangan perihal keterlibatannya dalam politik.

Kordiv Hukum, Penindakan Pelanggaran & Penyelesaian Sengketa Bawaslu Boltim Hariyanto SE mengatakan, Bawaslu telah memanggil UKP perihal keterlibatannya dalam politik.

"Undangan UKP hari ini ke kantor Bawaslu terkait dugaan keterlibatan dirinya atas dugaan berpolitik praktis dan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam kontestasi pemilihan Bupati dan wakil Bupati Boltim tahun 2020," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah memanggil UKP Selasa 28 Juki 2020 (kemarin) dan yang bersangkutan telah memenuhi panggilan Bawaslu Boltim untuk dimintai keterangan terkait keterlibatan ASN dalam panggung politik praktis.

Mencuat Poros Baru Golkar-Gerindra di Pilkada Manado, Usung Imba-Melki

“Kemarin sejumlah pertanyaan kami layangkan ke yang bersangkutan (UKP), ada sekitar 28 pertanyaan dan itu akan menjadi dasar kita untuk dikaji, pleno dan nantinya akan diteruskan ke komisi ASN,” ujar Hariyanto.

Hariyanto menjelaskan, keterlibatan ASN atau PNS yang akan mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah, harus menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai ASN yang dilaksanakan sejak ditetapkan sebagai pasangan calon peserta Pemilihan.

“Sekali lagi saya katakan, ASN dibingkai oleh pembinaan jiwa korps dan kode etik PNS PP 42 tahun 2004, dan peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS PP 53 tahun 2010, itu yang membingkai bapak Uyun sebagai ASN, dan ASN lainnya,” jelas Hariyanto.

Bank Sperma di China Sepi Pendonor, Relawan Laki-laki Diberi Rp 10 juta Apabila Mendonasikan

Lanjutnya, Bawaslu secepatnya akan meneruskan kepada pihak Komisi ASN atas hasil penelusuran setelah melakukan sidang dan pleno.

"Atas fakta, bukti dan klarifikask, kami segera menyurat ke KASN," ucapnya.

Disclaimer: hingga saat ini UKP belum memberikan keterangan, Tribun Manado telah berusaha mengkonfirmasi melalui telepon dan WhatsApp. (ana)

Nama 9 Korban Kebakaran Dini Hari Rabu (29/7/2020), Ada yang Meninggal Dunia, Kejadian di Pekalongan

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved