Breaking News:

Berita SulutGo

Salurkan Dana Pemulihan Ekonomi Nasional, BSG Fokus ke Kredit UMKM

Bank SulutGo/BSG akan fokus pada sektor produktif, khususnya pelaku UMKM dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional

Tribun Manado/Fernando Lumowa
Suasana pelayanan nasabah di Bank SulutGo Cabang Utama Manado, Jalan Sam Ratulangi Manado, Senin (27/07/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bank Pembangunan Daerah Sulut Gorontalo (Bank SulutGo/BSG) akan fokus pada sektor produktif, khususnya pelaku UMKM dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

BSG satu di antara tujuh BPD di Indonesia yang mendapat kepercayaan pemerintah, yakni Kementerian Keuangan sebagai mitra penempatan dana PEN. Torang pe Bank dipercayakan dana PEN sebesar Rp 1 triliun.

Direktur Utama BSG Jeffry Dendeng mengatakan, pihaknya akan mengalokasikan dana tersebut untuk kredit ke sektor produktif.

Sektor dimaksud ialah pelaku UMKM di berbagai bidang. "Kita akan fokus ke pemberdayaan sektor riil, mereka yang terdampak langsung akibat pandemi Covid-19. Dengan adanya pembiayaan dana PEN diharapkan ekonomi bisa bangkit," kata Dendeng, Selasa (28/07/2020).

Wali Kota Banjarbaru dan Istri Positif Covid-19, Nadjmi: Jangan Anggap Enteng

Meskipun demikian, Dendeng bilang sektor non UMKM pun akan disasar pembiayaan dana PEN ini.  Beberapa di antaranya, yakni pelaku usaha di bidang pertanian, perkebunan, nelayan, perdagangan dan usaha mikro lainnya.

Sebelumnya, Dirjen Perbendahataan Kementerian Keuangan dan lima Direksi BPD penerima program kemitraan penempatan uang negara dalam rangka PEN menandatangani perjanjian, Senin (27/07/2020).

Dirut BSG, Jeffry Dendeng hadir dalam penandatangana kemitraan tersebut.

Lima BPD yang telah ditetapkan sebagai mitra tersebut yakni Bank DKI, Bank Jabar Banten, Bank Jateng, Bank Jatim dan BSG.  Torang pe Bank satu-satunya BPD di luar Pulau Jawa yang menerima kepercayaan tersebut.

Pemkot Manado Terbuka Terkait LKPD Tahun 2019

Rincian penempatan dananya, yakni Bank DKI Rp 2 triliun, Bank  BJB Rp 2,5 triliun, Bank Jateng Rp 2 triliun, Bank Jatim Rp 2 triliun dan BSGRp1 triliun.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani IndrWati menjelaskan, adapun dua BPD lainnya masih sedang dievaluasi untuk penempatan dana tersebut, yaitu BPD Bali dan BPD DIY dengan alokasi masing-masing Rp 1 triliun. Sehingga, total anggaran untuk ke tujuh BPD tersebut adalah sebesar Rp 11,5 triliun.

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved