Pilkada 2020

Bakal Calon Perseorangan Bawa 6.654 Dukungan ke KPUD Minsel

Bakal calon perseorangan Pilkada Minsel Royke Sondakh dan Harits Andri Umboh sudah memasukan 6.654 berkas dukungan baru ke KPUD Minsel

Tribun manado / Andrew Pattymahu
Royke Sondakh-Andri Umboh 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bakal calon perseorangan Pilkada Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Royke Sondakh dan Harits Andri Umboh sudah memasukan 6.654 berkas dukungan baru ke KPUD Minsel.

"Kami sudah masukkan data perbaikan, dan ditetapkan oleh KPU 6.654 untuk masuk ke tahapan verifikasi faktual perbaikan. Sebetulnya yang wajib harus dimasukkan hanya 3.572 namun kami masukkan lebih," kata Harits Umboh, Selasa (28/7/2020).

Akademisi Sulawesi Utara ini mengucapkan terima kasih kepada penyelenggaraa pemilu yakni KPUD dan Bawaslu Minsel yang terus memfasilitasi peserta pemilukada khususnya calon perseorangan sesuai aturannya.

Dia mengatakan, Royke Sondakh dan Harits Umboh aras dukungan rakyat Minsel terus berupaya untuk mengamanakan prosesnya, agar dapat menjalankan amanat pengabdian kepada rakyat Minsel.

PPP Bolmong Tegak Lurus Dukung ODSK, Pantura Bakal Jadi Basis

Dia menambahkan di KPUD Minsel saat ini masuk pada tahapan verifikasi administrasi terhadap dukungan yang dimasukkan hingga tanggal 9 agustus.

Kemudian tanggal 10 sampai 16 Agustus masuk tahapan verifikasi faktualnya.

Seperti diketahui calon perseorangan pada Pilkada Kabupaten Minsel diberikan durasi perbaikan oleh KPUD Minsel selama tiga hari untuk memperbaiki 1.786 dukungan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Rekapitulasi KPU mencatat dari syarat minimal dukungan 16.964 yang ditetapkan KPU atau 10 persen dari total DPT pemilih Minsel.

Poros Tengah Berpeluang Besar Tercipta di Pilwako Manado

Hanya 15.178 dukungan yang memenuhi syarat (MS). Sementara 1.786 dukungan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS)

Dalam PKPU 5 tahun 2020 calon independen memperoleh waktu perbaikan dari tanggal 25 hingga 27 Juli mendatang.

Dalam durasi perbaikan itu, pasangan jalur perseorangan wajib memenuhi kekurangan suara dukungan sebanyak 1.782 dikalikan dua sehingga menjadi 3.572 dukungan.

Pemkab Minsel Umumkan Laporan Pengelolaan Keuangan 2019, Bupati Tetty: Keterbukaan Informasi Publik

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved