Berita Daerah

Pengamat Politik: Pertarungan Pilwako Manado Tergantung Strategi Masing-Masing Partai Meraup Suara

Munculnya calon-calon yang di usung Partai Politik menyatakan kesiapan mereka untuk bertarung memperebutkan Manado satu.

Istimewa
Prof Welly Areros 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pengamat Politik Sulut Prof Welly Areros mengatakan perhelatan Pilkada Serentak 2020 di Sulawesi Utara, khususnya Kota Manado semakin terang benderang siapa saja bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado.

Sebut saja nama-nama seperti Andrei Angouw dan Richard Sualang yang di dukung Partai PDIP, Nasdem mengusung Prof Julita Runtuwene dan Ai Mangindaan, Demokrat mengusung calonnya Mor Bastian dan Hanny Pajouw.

Munculnya calon-calon yang di usung Partai Politik menyatakan kesiapan mereka untuk bertarung memperebutkan Manado satu.

"Walaupun baru tiga pasangan calon tetap yang sudah siap dan memiliki tiket mengikuti Pilkada serentak Desember 2020 tapi masih ada peluang penambahan bakal calon Walikota/ Wakil Walikota Manado yaitu dari Partai Golkar dan Wakil Independen," jelas Areros kepada Tribun Manado, Senin (27/7/2020).

Lanjutnya, sebut saja Partai Golkar punya calon yang hebat dan harus di perhitungkan oleh calon-calon lain yaitu Jimmy Rimba Rogi (IMBA) tapi sampai hari ini Pak Imba masih mencari Wakil yang Cocok buat dirinya tergantung dari Etnis serta Agama mana yang jadi pilihannya.

"Ini perlu diwaspadai, jika mungkin terpenuhi Partai Golkar segera mendaftarkan Imba sebagai Calon Golkar," sebut Areros.

Sementara itu, kata dia, yang sedang menggalang dan mencari suara melalui Calon Independent adalah Kepala Rumah Sakit Pancaran Kasih.

Dari informasi bahwa syarat Calon Independen harus mendapat dukungan Masyarakat Pemilih Manado berkisar kurang lebih 30 ribu.

"Kalau ini semua oleh KPU Kota Manado di nyatakan lolos sebagai pasangan Calon, maka akan ada 5 pasangan Calon," kata Areros.

Nah melihat kekuatan-kekuatan semua calon maka menurut pengamatan saya semuanya merata dan memiliki peluang yang sama. oleh karena itu siapa dari kelima calon yang disebut tadi sebagai peserta Pilkada Kepala Daerah bisa jadi pemenangnya sangat di tentukan oleh seberapa baik Strategi yang disiapkan oleh Partai-partai pengusung dan langkah seperti apa yang mampu menjamin rakyat bisa memilih mereka.

"Ini juga tergantung dari mandat rakyat untuk siapa bakal mendapat kepercayaan memimpin Kota Manado, semua kembali kepada figur-figur calon yang di siapkan oleh Partai Politik yang tau persis tentang keadaan Manado dan dekat dengan rakyat manado," pungkas Areros. ( Tribunmanado/Mejer Lumatow)

Penulis: Majer Lumantow
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved