Breaking News:

Jelang Idhul Adha, Harga Bumbu Dapur Mulai Naik

Jelang hari raya Idhul Adha pada akhir bulan July ini, harga pangan dari beberapa komoditi mulai naik.

Tribun Manado / Giolano Setiay
Pasar Ratahan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN  - Jelang hari raya Idhul Adha pada akhir bulan July ini, harga pangan dari beberapa komoditi mulai naik.

Terpantau Senin (27/7/2020), mulai dari harga sembilan bahan pokok (Sembako) yakni beras, bawang merah, cabe rawit, tomat, minyak goreng, kacang tanah, kacang merah, gula pasir dan tepung terigu ada 3 bahan yang naik dari harga jual biasanya.

Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan Minahasa Tenggara (Mitra) Made Alit, mengatakan, tiga bahan pokok yang mulai naik harganya yakni bawang merah Rp 50.000 per kilonya, cabai rawit Rp 30.000 dan tomat Rp 10.000.

Untuk itu, pihaknya intens melakukan turun lapangan ke pasar tradisional yang ada, untuk memastikan tidak ada ketambahan lagi kenaikan harga komoditi.

"Memang kenaikan seperti ini bukan hal yang luar biasa, itu sering terjadi jelang hari raya apa pun. Namun yang kita antisipasi, kenaikan yang sudah tidak wajar," tandas Alit.

Sementara itu, salah satu pedagang pasar Ratahan yakni Tama saat dikonfirmasi membenarkan kenaikan harga komoditi tersebut.

"Memang harga jual bumbu dapur mulai naik lagi jelang hari raya muslim ini. Namun tidak naik-naik amat, masih bisa dijangkaulah," ucapnya.

Suasana pasar juga menurut ibu ini, masih normal seperti biasanya. Tidak ada kepadatan yang tinggi.
"Aktivitas pasar juga masih seperti biasanya. Kepadatan hanya pada pagi hari. Namun penerapan protokol kesehatan tetap diwajibkan selama beraktifitas belanja," jelas Tama.

Penulis: Giolano Setiay
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved