Tips Hadapi Virus Corona

Ikan Gabus Diklaim Bisa Menyembuhkan Pasien Virus Corona, Ini Manfaat yang Tidak Terduga

Riset terbaru dari Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara mengklaim ekstrak ikan gabus bisa percepat penyembuhan pasien Covid-19.

Editor: Rhendi Umar
Kompas.com
Ikan gabus memiliki berbagai manfaat kesehatan(showcake) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Situasi dunia kini dilanda dengan bahaya virus corona.

Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat untuk mencari tau cara penangkal dari virus dari negara china ini.

Di Indonesia ada salah satu ikan air tawar bernama ikan gabus.

Ikan dengan nama latin Channa striata ini memang dikenal memiliki berbagai manfaat untuk pengobatan.

Riset terbaru dari Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara mengklaim ekstrak ikan gabus bisa percepat penyembuhan pasien Covid-19.

Kandungan nutrisi Ikan gabus merupakan sumber protein dan vitamin A. Ikan ini juga mengandung asam arakidonat yang tinggi dan asam dokosaheksaenoat (DHA).

Ikan air tawar ini juga mengandung berbagai jenis lipid, seperti fosfolipid, lemak alkohol, trigliserida, dan ester kolesterol.

Semua jenis lipid tersebut berfungsi untuk menghasilkan lemak jenuh tak ganda untuk mengatur sintesis prostaglandin yang mempercepat penyembuhan luka.

Melansir temuan dalam Food and Nutrion Journal, ikan gabus mengandung albumin yang juga bisa membantu mempercepat pemulihan pasca operasi dan pemulihan fungsi hati.

Selain itu, ikan gabus juga mengandung antioksidan gluthione, asam amino glutamin, sistein dan glisin yang penting untuk perbaikan jaringan tubuh, termasuk pankreas.

Manfaat ikan gabus Sebelum muncul penelitian tentang manfaat ikan gabus untuk pasien Covid-19, ikan jenis air tawar ini telah banyak digunakan untuk berbagai pengobatan tradisonal karena kandungan nutrisinya yang tinggi.

Melansir data dalam riset yang diterbitkan dalam Science Forest, berikut berbagai manfaat ikan gabus untuk kesehatan:

1. Mengatasi penyakit kulit

Ikan gabus juga terbukti secara ilmiah dapat mengatasi berbagai penyakit kulit seperti jerawat, alergi, psoriasis, skeloris, infeksi dan sejenisnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved