Update Virus Corona Boltim

Dikbud Boltim Minta Ada Dispensasi Siswa Kembali Belajar di Sekolah untuk Wilayah Zona Hijau

Siswa belajar dari rumah saat new normal di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) masih menjadi polemik

sitti nurjanah/tribun manado
Kepala Dikbud Boltim Yusri Damopolii 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Siswa belajar dari rumah saat new normal di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) masih menjadi polemik.

Pasalnya, meski Boltim masuk zona hijau, para siswa masih dianjurkan belajar dari rumah.

Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) meminta Gubernur Olly Dondokambey untuk mengkaji kembali surat edaran yang mewajibkan penerapan belajar dari rumah baik pada tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang belajar dari rumah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boltim Yusri Damopolii mengatakan, penerapan belajar dari rumah sangat tidak efektif, baik siswa itu sendiri maupun para guru yang akan melakukan proses belajar mengajar.

“Memang tidak efektif belajar dari rumah,” tegasnya.

3 Pejabat Plt Eselon II Ketinggalan Kereta, Sekprov: Sedang Diproses

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Sulut memberikan kewenangan kepada wilayah yang masuk kategori green zone, untuk tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka, sehingga akan lebih efektif dan siswa akan lebih memahami proses belajar mengajar.

“Sebenarnya perlu ditinjau kembali, awalnya kan kita sudah buka sekolah, dan ketika diperiksa tidak ada anak-anak kita yang terpapar, nah sekarang keluar surat edaran yang tidak membolehkan tatap muka, ini yang pwrlu ditinjau kembali,” ujar Yusri.

Menurut Yusri, dikembalikannya anak-anak melakukan tatap muka di sekolah akan lebih efektif karena edukasi tentang Covid-19 jalan karena selai materi, praktek juga dilakukan.

DPRD Boltim Kunjungan Kerja di Kantor Kemenag Sulut, Bahas Pendirian Madrasah hingga Ponpes

“Anak-anak kan nantinya kita beri edukasi, ketika ke sekolah diperiksa kesehatan, cara cuci tangan ketika masuk sekolah, mengukur suhu tubuh dan menggunakan handsanitizer serta menggunakan masker, ini yang efektif ketimbang di rumah yang saat guru datang kadang siswa tidak ada di rumah,” ungkap Yusri.

Ia pun berharap, Gubernur Olly Dondokambey meninjau kembali daerah yang masuk zona hijau untuk bisa membolehkan sekolah tatap muka, apalagi disisi lain juga ada SK empat menteri yang membolehkan zona hijau.

“Saya mohon semoga ada dispensasi untuk zona hijau, untuk anak-anak bisa kembali ke sekolah,” harap Yusri. (ana)

Hujan Landa Bolsel, Jalan Trans Sulawesi Kembali Putus Karena Longsor

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved