Update Virus Corona Sulut

Ini Tanggapan Gugus Tugas Terkait Sudah Tak Ada Daerah Zona Merah di Sulut

Pemerintah pusat telah merilis data perkembangan zonasi Covid-19 di Indonesia pekan ini, di mana Sulut secara keseluruhan berada pada zona orange

Penulis: Erlina Langi | Editor: David_Kusuma
Istimewa
zona Covid-19 di Sulut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemerintah pusat telah merilis data perkembangan zonasi Covid-19 di Indonesia pekan ini, di mana Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) secara keseluruhan berada pada zona orange, atau beresiko sedang.

Hal ini menunjukan perkembangan epidemiologi di Sulut terus membaik, apalagi saat ini, Provinsi Sulawesi Utara sudah tak memiliki lagi daerah dengan zona merah atau beresiko tinggi.

Menanggapi hal tersebut Juru bicara gugus tugas Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel Kamis (23/7/2020) mengatakan memang semakin terkendalinya penyebaran Covid-19 di Sulut, merupakan kabar baik.

Bupati Bolmut Terima Prosesi Adat Mopohabaru, Sampaikan Waktu Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1441 H

"Apalagi saat ini kita sementara menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Sehingga menurunnya resiko penyebaran Covid-19 tentu akan berdampak positif bagi masyarakat secara keseluruhan," terangnya.

Namun tambah dia meski saat ini risiko penyebaran Covid-19 telah menurun, tapi masyarakat perlu waspada dan tetap menjaga diri dengan mengikuti berbagai protokoler kesehatan dan anjuran pemerintah.

"Karena meski kita sekalipun telah berada di zona hijau, namun jika masyarakat tidak disiplin dan memiliki kesadaran untuk menerapkan protokoler kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah, maka bukan tidak mungkin penyebaran Covid-19 menjadi tak terkendali dan Sulut, kembali ke zona merah bahkan lebih buruk lagi," bebernya.

"Sekali lagi saya tegaskan ini bukan hanya sekedar dilihat dari angka-angka epidemiologis, namun juga harus dilihat apakah AKB sudah membudaya dimasyarakat atau tidak," tandas dia. (drp)

DJKN Suluttenggomalut Dorong Lelang Sukarela, Harga Jual Lebih Tinggi dari Limit

Risk assessment per kabupaten/kota di Provinsi Sulut

• Resiko Sedang (Zona Orange)
-Sangihe
-Minsel
-Minahasa
-Tomohon
-Minut
-Manado
-Bitung
-Bolmong

• Resiko Rendah (Zona Kuning)
-Kotamobagu
-Talaud
-Sitaro

• Tidak ada kasus/tidak terdampak (Zona Hijau)
-Mitra
-Bolmut
-Bolsel
-Boltim

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved