Breaking News:

Berita Mitra

Masa Pandemi Covid-19, Jumlah Pasien TBC Menurun di Mitra

Salah satu penyakit yang gejalanya menyerupai corona virus adalah TBC. Di Mitra, di masa pandemi Covid-19 ini, kasus TBC justru menurun.

Doc.pribadi
Kadis Dinkes Mitra dr Helny Ratuliu 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Salah satu penyakit yang gejalanya menyerupai corona virus adalah Tuberkulosis (TBC).

Di Minahasa Tenggara, di masa pandemi Covid-19 ini, kasus TBC justru menurun.

Menurut Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Dinkes Minahasa Tenggara (Mitra) dr Helny Ratuliu saat dikonfirmasi hari Rabu (22/7/2020), hal ini dikarenakan banyak pasien yang taku datang memeriksakan diri.

"Memang dalam triwulan kedua tahun ini, jelang masa Pandemi Covid-19 merebak, pasien yang memeriksakan diri ke pusat pelayanan kesehatan masyarakat menurun," ungkap Ratuliu.

Intinya yang perlu diperhatikan oleh masyarakat yakni penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk menghindari penyakit ini.

"Imbauan yang perlu kita sampaikan yakni, masyarakat pengidap panyakit tersebut, agar bisa melakukan kontrol di setiap puskesmas yang menyertai surat keterangan rawat jalan pengidap TBC. Juga penerapan PUBS," pungkasnya.

Sementara itu, dari bidang pemegang program TB Dinkes Mitra yakni Grace Sompi menjelaskan, data pasien TBC dari bulan Januari-Juni ada sebanyak 88 kasus.

"Perbandingan yang ada setiap tahunnya sangat terlihat. Apalagi dimasa Pandemi Covid-19 yang membedakan dari tahun-tahun sebelumnya. Dan data tahun ini memang menurun apalagi ditriwulan II saat merebaknya wabah ini," terang Sompi.

Diketahui, berdasarkan data yang ada dalam 3 tahun terakhir, pada 2018 ada sebanyak 213 kasus baru pasien TBC, pada 2019 ada sebanyak 211 dan pada tahun 2020 jelang triwulan ketiga, baru 80 kasus dengan ketamabahan 8 kasus baru.

"Selang enam bulan ini, itu data terakhir yang masuk pada bulan Juni kemarin. Kita sementara menunggu data pada bulan july ini. Juga pada tahun ini ditriwulan I ada sebanyak 62 kasus. Dan itu menurun drastis saat wabah Covid-19 merebak yang memiliki gejala yang sama," ungkapnya.

Ia menambahkan, kepada setiap pasien yang mengidap penyakit tersbut, agar rutin dalam melakukan pemeriksaan ke pusat pelayanan kesehatan. (Ano).

Nora Alexandra Mendadak Minta Bantuan Deddy Corbuzier, Sempat Naik Pitam Karena Ulah Netizen

Pesan Jaksa Agung di HBA ke-60: Wujudkan Penegakan Hukum Berkeadilan yang Memberikan Kepastian Hukum

Politikus: Majunya Gibran di Pilkada Solo Bukan Dinasti Politik, Namun Kebetulan Ayahnya Presiden

 

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved