Update Virus Corona Sulut

Gubernur Olly dan Istri Canangkan 'Marijo Ba Kobong', Perkuat Pangan di Era Covid-19

Gubernur Olly dan istri didampingi Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, dan Sekprov Edwin Silangen tengah memanen bawang merah bersama para petani

Penulis: Ryo_Noor | Editor: David_Kusuma
Istimewa
Gubernur Olly Dondokambey Canangkan Marijo Bakobong 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Penguatan pangan adalah kunci masyarakat menghadapi Pandemi Covid 19.

Terik matahari siang begitu menyengat tak kala, Gubernur Olly Dondokambey didampingi didampingi Ketua TP PKK Sulut Rita Tamuntuan berada di ladang Bawang Merah, Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu, Senin (20/07/2020).

Gubernur Olly dan istri didampingi Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, dan Sekprov Edwin Silangen tengah memanen bawang merah bersama para petani.

Di tengah terik matahari yang menyengat itu, Gubernur Olly dan Ibu Rita enjoy saja ketika mengambil bawang merah dari dalam tanah. Senyum merekah di wajah mereka.

Permudah Masyarakat, Polresta Manado Luncurkan Program SKCK Keliling dan SIMLING Sabtu Sehat

Kegiatan bertani ini memang bukan hal baru bagi pasangan suami istri ini. rumah kediaman mereka di Desa Kolongan, Minut sebagian besar lahan pertanian aktif. Aktivitas menanam, dan memanen bahkan jadi rutinitas di waktu senggang mereka.

Tak berhenti di kebun bawang merah, aktivitas selanjutnya Gubernur Olly dan istri menyambangi kebun jagung di Kelurahan Kobo, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Adapun, kegiatan panen komoditas pertanian di Kotamobagu ini dalam rangka pencanganan Program 'Mari Jo Bakobong' atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan Ayo Berkebun.

Cegah Penularan Covid-19, Disdukcapil Bolmut Buka Pengurusan Dokumen Kependudukan Via Online

Kegiatan pencanangan yang menerapkan protokol Covid 19 itu.

Tak hanya memanen, momen ini juga dimanfaatkan Gubernur Olly untuk berdialog bersama para petani.

Gubernur mengatakan, pemanfataan lahan atau kebun sangat bermanfaat di tengah Pandemi Covid.

"Warga harus memanfaatkan lahan atau kebun untuk menanam tanaman yang bermanfaat. Dan ini akan sangat bermanfaat untuk ketahanan pangan maupun perekonomian di masa Pandemi Covid 19 saat ini," ungkap Gubernur Olly.

BREAKING NEWS: Anak dan Ibu Kandung Lakukan Hubungan, Warga Sekitar Resah

Saat ini Pemerintah tetap berupaya menangani wabah Covid 19. Langkah-langkah penanganan terus dilakukan, namun begitu upaya-upaya penguatan ekonomi kerakyatan juga harus berlangsung sebagai mana amanat Presiden Joko Widodo di Era New Normal

Gubernur terus mewanti agar para petani bawang maupun jagung serta pada umumnya warga Sulut wajib menerapkan protokol Covid 19.

Dalam melakukan aktivitas harus jaga, jarak, pakai masker, dan selalu cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Kepala Distanakda Sulut, Ir Novly Wowiling menyampaikan, areal penanaman bawang merah di Kotamobagu seluas 1 hektare dengan total produksi 6 ton, sedangkan jagung panen sekitar 40 ton di lahan seluas 5 hektare

Novly mengatakan, program 'Marijo Ba Kobong' akan bergulir bertahap di sejumlah kabupaten/kota di Sulut. (ryo)

BREAKING NEWS: Anak dan Ibu Kandung Lakukan Hubungan, Warga Sekitar Resah

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved