Breaking News:

Manado

Siswa Bisa Mendaftar ke Sekolah Luar Donasi, Ini Syaratnya

Siswa yang akan mendaftar menggunakan zonasi atau jarak dengan sekolah masih bisa mendaftar di luar zonasi apabila sudah penuh kuota di zonasinya.

Tribunmanado
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Manado Daglan Walangitan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Siswa yang akan mendaftar menggunakan zonasi atau jarak dengan sekolah masih bisa mendaftar di luar zonasi apabila sudah penuh kuota di zonasinya.

Pendaftaran Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) dimulai sejak 18 Juni 2020 hingga 11 Juli 2020, pada 13 Juli 2020 sudah masuk tahun ajaran baru.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan kota Manado Drs Daglan Walangitan M.Pd mencontohkan bagaimana jika zonasi sekolah siswa sudah penuh.

 "Contoh kalau ada sekolah seperti di Tuminting ada, SMP 5, SMP 11 dan SMP 3 bisa saja ada penduduk yang masuk di 3 sekolah itu satu zonasi," kata Kadis, Jumat (17/7/2020).

Lanjut Kadis, tetapi ternyata SMP 5 itu sudah memenuhi kuota, SMP 3 juga sudah memenuhi kuota maka dia masih dimungkinkan untuk masuk di sekolah yang belum memenuhi kuota seperti SMP 11.

"Tapi kalau ternyata semuanya sudah memenuhi kuota, itu berarti calon siswa bisa mendaftar di sekolah yang belum terpenuhi kuotanya walaupun di luar zonasi," tambah Kadis.

Jadi Kadis menegaskan, walaupun dia sudah di luar zonasi tapi karena beberapa sekolah di tempat calon siswa sudah penuh tidak apa-apa untuk mendaftar di luar zonasi.

"Hal itu ada dalam Peraturan Menteri (Permen) mengatur seperti itu jadi walaupun sudah sementara tahun pelajaran baru sekarang, tetapi calon siswa masih dimungkinkan untuk mendaftar di sekolah yang masih ada kuota yang belum terpenuhi," tutupnya.(fis)

Penulis: Fistel Mukuan
Editor: Vendi Lera
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved