Breaking News:

PLN Gandeng BPN untuk Amankan Aset Tanah di Suluttenggo

Leo Basuki mengatakan, tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mewujudkan sinergi antara PLN dan BPN

Foto Istimew
Penandatanganan kerja sama PLN Group dengan BPN Sulut 

TRIBUNMANADO.CO.ID - PT PLN UIW Suluttenggo, PLN UIP Sulbagut dan PLN UIKL Sulawesi melakukan Perjanjian Kerja Sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulut.

Kepala Kantor Wilayah BPN Sulut, Freddy Kolintama, GM PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki, GM PLN UIP Sulbagut, Mimin Insani menyaksikN p enandatanganan perjanjian di Aula Maesa kantor PLN UIW Suluttenggo, Kamis (16/05/2020).

Sementara, General Manager PLN UIKL Sulawesi, Suroso Isnandar turut hadir dengan menyaksikan penandatangan melalui Zoom Meeting di Makassar.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini disaksikan Tim dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dilakukan Senior Manager SDM dan Umum UIW Suluttenggo, Galih Chrissetyo; Senior Manager Pertanahan dan Komunikasi, Nur Akhsin dan Senior Manager SDM dan Umum UIKL Sulawesi, Roesmin dengan seluruh Kepala Kantor Pertanahan se Sulut.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kerja sama yang dimulai dengan Kantor Pertanahan se-Provinsi Sulteng di Poso, 28 Februari 2020 yang dilanjutkan perjanjian kerja sam PLN UIW Suluttenggo, UIP Sulbagut, UIKL Sulawesi dengan Kantor Pertanahan se-Gorontalo yang dihadiri via Video Conference, oleh SEVP Pengelolaan Aset PT PLN, Gong Matua Hasibuan pada 1 Juli 2020.

Leo Basuki mengatakan, tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mewujudkan sinergi antara PLN dan BPN.

Pentingnya PLN bekerja sama dengan BPN, adalah untuk sertifikasi aset tanah dan penyelesaian permasalahan tanah. Dimana, semua kegiatan PLN tentu memerlukan dukungan data dan atau informasi maupun sarana dan prasarana, baik dari pihak PLN sendiri maupun dari BPN.

"Setelah ditandatanganinya perjanjian ini, PLN dan BPN nantinya akan dapat saling bertukar data dan atau informasi maupun sarana dan prasarana yang dibutuhkan sehingga kerjasama ini dapat berjalan dengan baik," kata Leo.

Sementara Kepala Kantor Wilayah BPN Sulut, Freddy Kolintama mengungkapkan, kegiatan ini merupakan turunan dari perjanjian kerja sama yang telah dilakukan beberapa waktu lalu dengan pihak PLN.

“BPN sebagai instansi pelayanan pendataan tanah siap untuk membantu dalam kepengurusan legalitas hukum dari aset-aset tanah dan bangunan yang dimiliki PLN,” ungkap Freddy.

Senior Manager SDM dan General Affairs PLN UIW Suluttenggo, Galih Chrissetyo menambahkan, kerja sama ini kami lakukan guna menjaga aset tanah PLN yang tersebar di berbagai tempat di wilayah Suluttenggo.

Dengan adanya kerjasama ini menurut Galih diharapkan semua aset PLN akan terinventarisir dan terpenuhi aspek legalitasnya.

"Dari  rangkaian proses penandatanganan perjanjian kerja sama PLN dengan BPN yang telah rampung 100 persen di tiga provinsi, PLN Group dapat menghasilkan kontribusi optimal dan positif terhadap pelayanan kepada masyarakat," terang Galih.

Sementara, Nindya, Tim Pengampu dari KPK menyampaikan, proses ini bukan hanya seremoni semata, tetapi harus dilanjutkan  "Nantinya akan langsung disupervisi oleh KPK," katanya.

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved