Breaking News:

Kota Madiun

Menuju Kota Metropolis, Kota Madiun akan Terapkan E-TLE

Menuju kota metropolis, Kota Madiun akan mulai menerapkan sistem penegakkan hukum pada bidang lalu lintas yang berbasis teknologi dan perangkat kamera

Editor: Dewangga Ardhiananta
DOK. Humas Pemkot Madiun via Kompas.com
Wali Kota Madiun Maidi, bersama Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Budi Indra Dermawan, me-launching penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) dan Bus Wisata Gratis, di Balai Kota Madiun, Selasa (14/7/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Menuju kota metropolis, Kota Madiun akan mulai menerapkan sistem penegakkan hukum pada bidang lalu lintas yang berbasis teknologi dan perangkat kamera cerdas.

Sistem itu disebut Electronic Traffic Law Enforcement atau E-TLE yang akan diterapkan di seluruh wilayah Kota Pendekar tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Darat Kota Madiun Ansar Rasidi menyebut bahwa sistem itu bisa mendeteksi beragam pelanggaran lalu lintas.

Kata dia, sistem E-TLE dapat mendeteksi dan merekam berbagai jenis pelanggaran lalu lintas, hingga mengidentifikasi nomor handphone dan nomor KTP warga yang melintas.

Rekaman itu, lanjut Ansar, dapat digunakan sebagai barang bukti perkara pelanggaran lalu lintas.

“Kamera cerdas secara otomatis akan merekam pengendara yang menerobos lampu merah, melanggar marka, tidak memakai helm, serta tidak memakai sabuk pengaman walaupun kendaraan menggunakan kaca film hingga 60 persen,” kata Ansar, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Hal tersebut dikatakan Ansar, saat Launching E-TLE dan Bus Wisata Gratis, di Halaman Balai Kota Madiun, Selasa (14/7/2020).

Dalam pelaksanaannya, Ansar mengatakan, Pemkot Medan akan terlebih dahulu melakukan sosialisasi selama satu bulan, sampai ke tingkat RT.

“Sosialisasi agar warga tidak kaget jika mendapat surat tilang elektronik,” kata Ansar.

Ansar menambahkan, untuk sementara penindakkan pelanggaran baru diberlakukan kepada kendaraan asal Kota Madiun.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved