Breaking News:

CEP dan VAP Intip Kekuatan: Rebutan Putra Bolmong Raya

Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara jadi arena pertarungan dua srikandi. Christiany Eugenia Paruntu (CEP)

Kolase Tribun Manado/Foto: Istimewa
Pasangan calon (Paslon) Christiany Eugenia Paruntu (CEP) dan Elly Engelbert Lasut (E2L) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara jadi arena pertarungan dua srikandi. Christiany Eugenia Paruntu (CEP) dari Partai Golkar dan Vonnie Anneke Panambunan (VAP) jagoan Partai Nasdem. Kedua ‘pendekar’ politik ini sedang mencari pasangan ‘papan dua’, calon wakil gubernur.

Terkait Kasus Jiwasraya, Kejagung Periksa Mantan Dirut BEI dan 12 Saksi

CEP dan VAP pun ‘pasang kuda-kuda’, saling membaca kekuatan calon lawan. CEP yang semula digadang berpasangan dengan Sehan Salim Landjar (SSL), dikabarkan mengubah strategi. Teranyar kubu Golkar menyiapkan kader asal Bolaang Mongondow Raya (BMR), Djelantik Mokodompit. DM menjadi opsi terbaru jika koalisi Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) buntu (lihat grafis). Ada juga alternatif, Elly Engelbert Lasut (E2L) dipasangkan dengan CEP.

Tak mau kalah, Nasdem mengajukkan nama Pdt Hendry Runtuwene untuk mendapingi VAP. Sebelumnya ada nama GS Vicky Lumentut, Siswa Rahmat Mokodongan, E2L, SSL, Djainudin Damapolii dan Dolfie Mokoagouw.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar sudah mengeluarkan surat keputusan (SK) bagi Tetty, sapaan CEP. Golkar masih menunggu kabar positif dari PAN apakah SSL bisa diduetkan dengan Tetty. Jika PAN belum merestui, Golkar siapkan penggantinya, Djelantik Mokodompit. Jalan bagi Djelantik untuk menjadi pasangan Tetty bakal mulus.

Vonnie Anneke Panambunan (VAP)
Vonnie Anneke Panambunan (VAP) (Istimewa)

Informasi www.tribunmanado.co.id dari sumber terpercaya, Senin (13/7/2020), koalisi Golkar dan Demokrat pada Pilgub Sulut bakal tak terelakan. Tapi sebaliknya, Golkar harus mendukung pasangan calon yang diusung oleh Partai Demokrat pada Pilwako Manado. "Kalau soal Golkar koalisi dengan Demokrat itu sudah fix. Sudah ada pembicaraan khusus," kata sumber.

Kata sumber, jika memang Tetty-Djelantik jadi maju pada Pilgub Sulut, ini adalah hal sangat positif bagi Golkar. Ini dikarenakan Djelantik adalah kader beringin dan menjabat sebagai Ketua DPD II Golkar Kota Kotamobagu.

Jubir Golkar Sulut, Feryando Lamaluta mengatakan, Golkar dan PAN sudah pasti mengusung Tetty-Sehan. "Sudah aman, seperti itu," kata dia.
Bahkan, menurutnya, pasangan itu juga sudah mendapat dukungan dari Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Feryando meminta kepada kader Golkar untuk tenang dan merapatkan barisan.

PAN masih belum menerbitkan SK pasangan cagub-cawagub Sulut. PAN menimbang sejumlah poin. "Kalau sudah ada SK akan diekspose ke publik, nggak mungkin disimpan. Dalam waktu mudah-mudahan, finalnya bulan ini juga," ujar Ayub Ali Albugis, Sekretaris DPW PAN Sulut, Minggu (12/7/2020).

Ia mengatakan, untuk pilgub memang PAN intens komunikasi dengan Golkar. Hal ini sudah diranah DPP PAN, tinggal menunggu arahan mana yang menguntungkan PAN. Ia mengakui, dinamika politiknya luar bisa, memang harapan Golkar mengusung CEP-SSL. Tapi DPP (PAN) masih ada pertimbangan. "Jadi pertimbangannya koalisinya hanya pilgub atau semua satu garis lurus di pilkada kabupaten/kota," ujar Anggota DPRD Sulut ini.

Penyebaran Virus Corona Diprediksi Jokowi Pucaknya Agustus atau September, Semoga Tak Meleset

Nasdem Sulut membuat manuver baru dengan mengajukan nama Pdt Hendry Runtuwene. "Terakhir masuk ke DPP Pdt Hendry Runtuwene, " ujar Edwin Assa, Sekretaris Tim Penjaringan DPW Nasdem Sulut, Senin (13/7/2020). Hendry, pendeta aktif di Gereja Masehi Injil di Minahasa (GMIM). Dia pernah menjabat Sekretaris Umum Sinode GMIM.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved