Breaking News:

Berita Bitung

Warga Bitung Bisa Periksa Langsung Virus di Rumah Sakit Ini

launching pemeriksaan PCR (TCM) dengan alat GeneXpert untuk mendeteksi Virus Sats-Cov-2 penyebab penyakit Covid-19

Istimewa
pengoperasian alat GeneXpert untuk mendeteksi Virus SARS-COV-2 penyebab penyakit Covid-19, di RS Manembo-Nembo Tipe C di Bitung pasca dilakukan Launching Senin (13/7/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - "Kegelisahan pasien menunggu kepastian diagnosis mereka, seperti yang pasien dalam pengawasan ( PDP) bisa cepat teratasi," kata dr Piter Lumingkewas Direktur RS Manembo-Nembo Tipe C di Bitung, Senin (13/7/2020).

Dokter Piter bilang ini, ketika launching pemeriksaan PCR (TCM) dengan alat GeneXpert untuk mendeteksi Virus Sats-Cov-2 penyebab penyakit Covid-19.

Launching-nya alat itu, pihaknya menyampaikan terima kasih ke Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Steven Kandouw Wakil Gubernur Sulut, yang sudah mengawal untuk ketersediaan pemeriksaan terkait di Rumah Sakit.

Pengoperasian alat itu dipastikan bisa jalan karena sudah disiapkan mulai dari, ruangan pemeriksaan yang memenuhi syarat.

Nasdem Ajukan Pdt Hendry Runtuwene Calon Pendamping VAP di Pilgub 2020

"Ada hepa filter, ruang ganti bersih dan kotor/kamar mandi yang terpisah. Alat GeneXpert dengan kartrid SARS-COV-2, BSC level 3 (syarat minimal BSC level 2) dan tenaga dokter spesialis patologi klinik dan analis berpengalaman," tuturnya.

Pengoperasian ini lewat launching, dibuka oleh dengan doa oleh Pendeta Venda Mokalu Pangerapan.

Semoga ini bisa membantu pasien-pasien di rumah sakit untuk secepatnya mendapat kepastian Diagnosa, yang juga akan sangat membantu dalam hal pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara.

Satu Pasien Positif Covid-19 di Kotamobagu dari Klaster Keluarga

"One day servis komplit. Inilah jargon yang kami pakai untuk bantu masyarakat," tambahnya.

Adapun mekanisme dalam pemeriksaan, ada permintaan dari DPJP (Dokter Penanggung Jawab Pasien), pemeriksaan sekali jalan bisa sampai 4 sampel dan hasilnya bisa didapat dalam 2 jam.

Terpisah Jecky Sumampouw, satu di antara tokoh masyarakat di Bitung merasa bersyukur, Pemprov Sulut bantu Kota Bitung dengan alat GeneXpert untuk mendeteksi Virus SATS-COV-2 penyebab penyakit Covid-19 lewat RS Manembo-Nembo.

"Dengan hadirnya alat ini, warga yang hendak melakukan pemeriksaan bisa ke rumah sakit tak perlu lagi ke luar Bitung," kata Jecky.

Alat ini bisa membantu mengobati kekhawatiran warga, ketika sudah melakukan pemeriksaan cepat atau rapid test khususnya dengan hasil reaktif.(crz)

Gadis Cantik di Tondano Ini Pakai Protokol Covid-19 dalam Bekerja

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved