Breaking News:

Otomotif

Tips Melibas Lubang di Jalan, Tanpa Mengalami Kecelakaan

Tips melibas lubang di jalan, tanpa membahayakan pengendara sepeda motor.

Ist
Pengendara melintas di jalan berlubang 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tips melibas lubang di jalan, tanpa membahayakan pengendara sepeda motor.

Banyak biker yang menghindari tanpa tahu trik aman, akhirnya menyebabkan kecelakaan yang melibatkan pengendara lainnya.

Training Director Safety Defensive Consultant, Sony Susmana, mengatakan ada dua hal yang harus diperhatikan saat pengendara ingin melibas lubang, yaitu bersikap proaktif dan reaktif.

Untuk itu Sony memberi tips bagaimana menghadapi lubang jalanan yang bisa mengancam jiwa pengendara pengendara, terutama pesepeda motor.

Berikut rangkumannya:

1. Jika sudah hafal jalan dan lokasi lubang, maka itu akan memudahkan pengguna jalan untuk menghindar. Dari kejauhan, persiapkan untuk berpindah jalur menghindari lubang. Tetap konsentrasi

2. Bersikap proaktif dengan memberi jarak pandang yang cukup antara Anda dengan kendaraan depan.

“Hindari posisi terlalu mepet dengan mobil sehingga kondisi jalan lebih terlihat jelas, dan pengendara punya kesempatan lebih banyak untuk menghindar,” ujar Sony kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (10/07/2020).

Lihat Foto Seorang pengendara motor sedang melintas di antara pot tanaman milik warga yang diletakkan dijalan yang rusak Jumat (19/1/2017) (Koleksi Pribadi Romdan Rizal)

3. Ketika mendadak melihat lubang, segera bersikap reaktif dengan cara perlambat kendaraan dengan menutup putaran gas dan kedua rem.

Bila memungkinkan, tengok kaca spion untuk memastikan tidak ada kendaraan yang melintas di area yang akan digunakan untuk menghindar. 

4. Bila jarak pengereman terlalu pendek dan pengemudi harus melewati lubang tersebut, maka tetap perlambat kendaraan dan angkat pinggul Anda. “Kemudian, sedikit tekuk lutut dan siku tangan, serta genggam lebih kuat setang kemudi. Hal ini bertujuan supaya keseimbangan tetap terjaga dan pengendara tidak terlempar dari kendaraan,” kata Sony.

5. Bila mengetahui pengendara depan akan melewati lubang, cobalah untuk mengurangi kecepatan dan memberi kesempatan menghindar. Langkah ini lebih baik dari pada pengendara tersebut menghindar saat kita sedang di sebelahnya. Intinya, jangan pernah menghindari lubang dalam kecepatan tinggi, kecuali jika kondisi jalan memang aman dan lengang. Sebab kasus yang banyak terjadi dan berakibat fatal karena sepeda motor menyenggol sepeda motor lainnya atau bahkan kendaraan lain yang lebih besar karena menghindari lubang.

Berita ini telah tayang https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/10/174100115/terpaksa-menghajar-lubang-di-jalan-begini-caranya?page=all#page3

Editor: Vendi Lera
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved