Breaking News:

PDIP Kukuh Berkuasa di Manado: Gerindra-Perindo Dukung JPAR-Mor

Pilkada Kota Manado jadi ajang gengsi partai politik. PDIP sebagai pemenang Pemilu 2019 di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara

Istimewa
Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw 

 
TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Pilkada Kota Manado jadi ajang gengsi partai politik. PDIP sebagai pemenang Pemilu 2019 di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara ini kukuh memenangkan partarungan. Banteng moncong putih menyiapkan sejumlah kader seperti Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan Ketua DPC PDIP Manado Richard Sualang untuk ‘mengunci’ kemenangan. 

Terduga Teroris Tewas Ditembak Polisi karena Melawan

Partai Demokrat sebagai kedua terbanyak mengumpulkan kursi di DPRD Manado, 6 kursi sesudah PDIP 10 kursi, menjagokan Mor Bastiaan-Hanny Josst Pajouw. Demokrat butuh 2 kursi lagi supaya bisa mengusung. Pemenang berikutnya, Partai Nasdem (5 kursi) dengan jagoannya Julyeta PA Runtuwene JPAR-Harley Mangindaan (lihat grafis). Kemudian Golkar (5 kursi) yang masih mengandalkan Jimmy Rimba Rogi. Pasangan terakhir diperkirakan dari jalur perseorangan, dr Franky Kambey-dr Daud Kirojan.

Figur dari Partai Gerindra yang bermodalkan 4 kursi di DPRD mengerucut ke 3 figur. Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Manado, Ronald Saumur mengatakan, 3 figur ini yang belakangan nampak ke publik. "Gerindra sudah mengerucut ke calon yang sudah kelihatan, Pak Mor (Mor Dominus Bastian), Ibu Paula (Julyeta Paulina Amelia Runtuwene) dan SSK (Sonya Selviana Kembuan)," ujar dia, Sabtu (11/7/2020).

SSK tengah mengkonsolidasikan gabungan partai politik di Manado. "Kita tinggal tunggu perkembangam, menunggu SK (surat keputusan) dari DPP, minggu depan semoga sudah ada informasi," ucap dia. Kubu Nasdem sudah memunculkan pasangan JPAR - Harley Mangindaan. Kubu Demokrat mendorong pasangan MDB dan Hanny Joost Pajouw.

Golkar pun sedari awal sudah memproyeksikan Jimmy Rimba Rogi. Terakhir, PDIP masih melakukan finalisasi untuk pasangan calon yang diusung, di mana unggulan pertama, Andrei Angouw.

PAN masih wait and see. Ayub Ali, Sekretaris DPW PAN Sulut mengungkapkan, PAN masih melakukan komunikasi dengan semua partai.
"Kita masih menimbang dengan partai -partai untuk mengusung kepala daerah dna wakil kepala daerah," kata Ayub.

Intinya PAN siap disandingkan dengan partai manapun. "PAN ingin disandingkan dengan pasangan yang akan menang, sehingga ekstra hati-hati menerima pinangan," ujarnya.

Prabowo Masih Ranking Teratas: Elektabilitas Ganjar-Ridwan Kamil Melonjak

PAN memang tidak terburu-buru menetapkan dukungan, menurut Ayub masih ada waktu cukup panjang. Pendaftaran calon itu 13 September, sehingga masih ada ruang untuk komunikasi bahkan melakukan survei. "PAN siap ikut serta pilkada, akan diutamakan kadernya," kata anggota DPRD Sulut ini.

Ketua DPW PKS Sulut, Syarifudin Saafa mengatakan, PKS masih bersama PAN, PBB dan PPP satu barisan dalam koalisi keumatan. "Ke mana arah dukungan itu lintas partai masih bicarakan. Jadi siapa calon yang akan ddukung bulan ini sudah clear," kata dia.

Koalisi ini berharap, ada kader yang bisa maju di posisi papan 2 mendampingi papan 1 yang akan didukung nanti. PKS mengajukan, 3 nama untuk diusung di papan 1. Untuk papan 2, PKS juga menawarkan beberapa nama. Dari PAN ada Bobby Daud Ketua DPD PAN Manado, dan Ayub Ali Albugis Sekretaris DPW PAN Sulut. "PKS menawarkan dua tokoh bisa diajak membangun kota manado," kata dia.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved