Breaking News:

CEP Bersyukur Pegang SK Cagub

Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar menyerahkan surat keputusan (SK) pencalonan gubernur Sulawesi Utara

Istimewa
Berlangsung Aman, Bupati Tetty Paruntu Apresiasi Warga Minsel 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar menyerahkan surat keputusan (SK) pencalonan gubernur Sulawesi Utara untuk Christiany Eugenia Paruntu (CEP). Penyerahan SK berlangsung dalam rapat Penyerahan Surat Keputusan Pasangan Calon Golkar Pilkada Serentak 2020 di Jakarta, Minggu (12/7/2020) malam.

Terduga Teroris Tewas Ditembak Polisi karena Melawan

Selain pasangan CEP yang digadang berpasangan dengan Sehan Salim Landjar (SSL), SK juga diserahkan untuk Sompie Singal dan Joppy Lengkong pada Pilkada Kabupaten Minahasa Utara serta Michaela Elsiana Paruntu dan Ventje Tuela pada Pilkada Kabupaten Minahasa Selatan.

Tetty, sapaan CEP, mengungkapan rasa bahaginya usai menerima SK itu. "Kami siap bertarung pada Pilgub Sulut dan pilkada di daerah-daerah," ujar dia.

Juru Bicara Golkar Sulut, Feryando Lamaluta mengatakan bahwa Tetty Paruntu juga sudah mendapat dukungan dari beberapa partai. Dia menyebut Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mendukung calon dari Partai Golkar pada Pilgub Sulut.
"Kami minta semua kader untuk merapatkan barisan. Kita raih kemenangan," pungkas dia.

PAN masih belum menerbitkan SK mengusung pasangan cagub-cawagub Sulut. "Kalau sudah ada SK akan diekspose ke publik, nggak mungkin disimpan. Dalam waktu mudah-mudahan, finalnya bulan ini juga," ujar Ayub Ali Albugis, Sekretaris DPW PAN Sulut

Ia mengakui, dinamika politiknya luar bisa, memang harapan Golkar mengusung pasangan CEP-SSL. Tapi DPP masih ada pertimbangan. "Jadi pertimbangannya koalisinya hanya pilgub, atau semua satu garis lurus di Pilkada kabupaten/kota," ujar Anggota DPRD Sulut ini.

Cagub CEP menuai dukungan penuh dari Ketua Golkar Kota Tomohon, Jimmy Feidie Eman (JFE). Bahkan JFE menyerukan kepada seluruh kader mendukung CEP. "Tentu sebagai kader kita harus mengamankan keputusan partai. Untuk itu kepada seluruh kader Golkar Tomohon wajib mendukung CEP di pilgub nanti," ajaknya.

"Mari pertahankan apa yang telah diraih. Mari kembali tunjukan kekempokan itu untuk memenangkan CEP di pilgub," tandas Eman.

PDIP Kukuh Berkuasa di Manado: Gerindra-Perindo Dukung JPAR-Mor

Partai Demokrat Sulut masih menunggu instruksi resmi dari DPP. Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Tim Penjaringan Demokrat Sulut, Setli Kohdong. Ia mengatakan belum mendengar adanya rencana koalisi besar tersebut, untuk bertarung dalam Pilgub. "Saya baru mendengar, namun pastinya apapun itu, kita tetap tak bisa melangkahi dan wajib menunggu instruksi resmi dari DPP," terangnya.

"Sebaiknya kita menunggu instruksi saja baru dipublikasi, sebab hingga saat ini Partai Demokrat Sulut, hingga saat ini belum mendapatkan informasi apapun terkait koalisi dengan Golkar," tandasnya.

Dosen Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Ferry Daud Liando mengatakan, untuk provinsi, koalisi Golkar, PKS dan PAN kemungkinan bisa terjadi. Tambahnya, hal serupa sepertinya akan terjadi di Pilkada Manado. Namun demikian, beralihnya dukungan PAN ke parpol lain bisa saja terjadi.
"Pak Sehan sebagai Ketua PAN punya kepentingan terhadap anaknya yang mencalonkan bupati untuk menggantikannya,” kata dia.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved