Breaking News:

Berita Seleb

Anang Hermansyah Blak-blakan Pernah Marah Pemerintah Namun Akhirnya Memaklumi: Enggak Gampang

Anang Hermansyah mengatakan, pengaturan mengenai royalti dan kesejahteraan musisi masih belum terjadi di Indonesia.

kompas.com
Anang Hermansyah 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Musisi Anang Hermansyah secara blak-blakan mengaku pernah marah kepada Pemerintah.

Namun, perasaannya itu berubah setelah Anang duduk di bangku parlemen dan menyadari tugas menjadi wakil rakyat tak semudah dibayangkan.

"Dulu saya marah sama pemerintah," kata Anang Hermansyah dikutip dari vlog di kanal YouTube Helmy Yahya Bicara, Minggu (12/7/2020).

"Tapi setelah saya lihat parlemen, sedemikian kompleks permasalahan republik ini," sambung Anang Hermansyah yang akhirnya memaklumi bahwa tak mudah untuk memperjuangkan Rancangan Undang Undang (RUU) Permusikan. 

Melihat keragaman budaya dengan jumlah penduduk yang cukup besar menjadi tantangan sendiri bagi pemerintah Indonesia.

"Itu enggak gampang dirumuskan oleh Republik yang besar ini, berarti bahwa kita harus aktif melakukan tindakan itu, sadar bahwa profesi ini harus diperjuangkan, harus sama dengan profesi lain, bisa jadi gantungan hidup," kata Anang membandingkan nasib musisi Indonesia dengan musisi di negara lain.

Menurut Anang Hermansyah, musisi sekelas almarhum Chrisye atau Koes Plus sudah bisa menikmati masa tua apabila di luar negeri.

Pasalnya, aturan mengenai royalti di negara lain sudah lebih baik. Anang menyebut aturan mengenai royalti di Malaysia sudah lebih baik.

Sayangnya, Anang Hermansyah mengatakan, pengaturan mengenai royalti dan kesejahteraan musisi masih belum terjadi di Indonesia.

Diketahui, Anang Hermansyah pernah menjadi anggota DPR periode 2014-2019.

Halaman
1234
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved