Breaking News:

Update Virus Corona Indonesia

Ridwan Kamil Serahkan Penanganan Covid-19 di Secapa AD Bandung dan Pusdikpom Cimahi pada Mabes TNI

"TNI ini punya sistem yang lebih siap dan lebih banyak. Pengetesan massal mandiri swab-nya itu oleh RSPAD," katanya.

Tribunnews.com
Secapa AD Bandung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakin penularan virus corona (Covid-19) di Secapa AD Bandung dan Pusdikpom Cimahi akan lebih efektif ditangani oleh Mabes TNI.

Hal tersebut karena mereka memiliki perangkat dan sistem yang lebih siap. Emil mengungkapkannya usai berkoordinasi dengan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Kesepakatan dengan Panglima TNI, pengelolaan pandemi klaster di sana akan dikelola secara mandiri oleh TNI AD. Di hari saya mendengar berita ini, saya menelepon langsung Pak Panglima TNI," ujar Emil, sapaan akrabnya, Jumat (10/7/2020).

Pola serupa juga ia lakukan sewaktu ada temuan klaster Setukpa Polri di Sukabumi.

"TNI ini punya sistem yang lebih siap dan lebih banyak. Pengetesan massal mandiri swab-nya itu oleh RSPAD," katanya.

"Kemudian, dipahami dan disepakati bahwa Panglima TNI bahkan mewaspadai pusat pendidikan yang lain. Dulu di Sukabumi juga sama. Ketika saya laporan ke Panglima, maka seluruh institusi militer di Sukabumi yang non-Setukpa itu dilakukan pengetesan swab," jelasnya.

Ia meminta Wali Kota Bandung Oded M Danial untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di Kelurahan Hegarmanah, Kota Bandung, yang merupakan lokasi Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD).

Emil mengatakan langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran kasus Covid-19 dari klaster Secapa AD. Salah satunya, dengan membatasi akses masuk di wilayah Hegarmanah.

Arus lalu lintas hanya berlaku untuk warga sekitar selama 14 hari.

"Saya sarankan kawasan di Hegarmanah dan sekitarnya dilakukan PSBM secara ketat. Jalan masuk akan ditutup, yang boleh masuk hanya penghuni. 14 hari ditutup dulu untuk memastikan tidak ada kebocoran," kata Emil.

Halaman
123
Editor: Isvara Savitri
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved