Breaking News:

BUMN

Peninjauan Aspek Hukum Jenderal TNI-Polri Rangkap Jabatan Komisaris BUMN

Aturan anggota TNI dan Polri ketika memiliki kompetensi untuk menjadi komisaris di sebuah BUMN.

Irwan Rismawan/Tribunnews.com
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kedua kiri) berjabat tangan dengan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kedua kanan), KSAD Jenderal TNI Mulyono (kanan), KSAL Laksamana TNI Ade Supandi (kiri) usai penyematan tanda Bintang Bhayangkara Utama kepada Angkatan Udara di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (5/7/2017). Penghargaan diberikan karena TNI Angkatan Udara banyak memberi bantuan kepada Polri dalam berbagai operasi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebanyak 22 anggota aktif dari unsur Polri atau TNI masuk ke jajaran komisaris di perusahaan plat merah BUMN.

Pejabat Polri dan TNI yang masuk daftar tersebut belum termasuk komisaris BUMN dari para purnawirawan. 

Aspek hukum rangkap jabatan pimpinan BUMN bagi anggota Polri atau TNI dijelaskan pihak Kementerian BUMN.

Kementerian BUMN menegaskan, kalau hal tersebut tak menyalahi aturan selama anggota TNI dan Polri tersebut memiliki kompetensi untuk menjadi komisaris di sebuah BUMN.

Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana, mengungkapkan dari aspek hukum kelembagaan di BUMN memang tak ada yang dilanggar dalam penunjukan komisaris dari unsur perwira tinggi TNI-Polri.

"Jadi sebagai komisaris BUMN menurut UU PT (perseroan terbatas), maka tugas utamanya melakukan pengawasan. Di samping itu memberi saran," jelas Hikmahanto dalam pesan singkatnya, Rabu (1/7/2020).

"Dalam tata kelola di perusahaan berbentuk perseroan terbatas kepentingan pemilik atau pemegang saham dicerminkan dalam keanggotaan direksi dan dewan komisaris," kata dia lagi.

Jajaran Jenderal TNI
Jajaran Jenderal TNI (http://depok.monitor.web.id/)

Profesionalisme di BUMN

Ia melanjutkan, apabila dikaitkan dengan profesionalisme, pengisian jabatan komisaris BUMN dari para jenderal TNI dan Polri juga relatif bisa diterima, asalkan bisnis BUMN sesuai dengan bidang yang digeluti prajurit.

Halaman
1234
Editor: Frandi Piring
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved