Breaking News:

Update Virus Corona Sulut

Pembukaan Pusat Perbelanjaan Sangat Berisiko, Warga Diminta Ikuti Protokoler dan Jaga Pola Hidup

Pembukaan pusat perbelanjaan di Kota Manado di tengah gelombang kasus Covid-19 yang terus meningkat, perlu mendapatkan perhatian serius

Tribun Manado / Fistel Mukuan
Megamall Perketat Pengunjung yang Masuk Dengan Melakukan Pemeriksaan KTP 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pembukaan pusat perbelanjaan di Kota Manado di tengah gelombang kasus Covid-19 yang terus meningkat, perlu mendapatkan perhatian serius dari seluruh lapisan masyarakat maupun pemerintah. Hal ini diungkapkan pakar epidemiologi Sulut Prof Grace Kandou saat dihubungi Tribun Manado, Jumat (10/7/2020)

Ia mengatakan, memang pembukaan pusat perbelanjaan Kota Manado ditengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, sangat beresiko tinggi. Namun itu juga merupakan cara menjaga agar ekonomi tidak lumpuh

"Sehingga ini kalau diibaratkan seperti buah simalakama, karena pembukaan pusat perbelanjaan ini memang dilematis, di satu sisi resiko penularan sangat tinggi, di sisi lain masyarakat juga perlu mencari nafkah," bebernya

Kadis Pendidikan: Sekolah di Manado Nanti Dibuka Kalau Sudah Zona Hijau

Untuk itu tambah dia, baik pengunjung, pengelola dan pekerja memang harus mematuhi setiap protokoler kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, sebagai syarat pembukaan pusat perbelanjaan.

Memang beber Grace, penerapan protokol kesehatan di tengah risiko tinggi penularan Covid-19 tak akan menjamin tidak terjadi penularan

"Untuk itu diharapkan agar masyarakat sebisa mungkin, kalau tidak memiliki kepentingan sebaiknya jangan dulu pergi ke pusat perbelanjaan, sebab sangat berisiko terjadi penularan terutama di tempat tertutup. Apalagi dari penelitian WHO, saat ini Covid-19 dapat menyebar di udara atau airborne," terang dia.

Megamall Perketat Pengunjung yang Masuk Dengan Melakukan Pemeriksaan KTP

Sehingga lanjutnya ruangan ber AC seperti pusat perbelanjaan memang berisiko tinggi terjadi penularan Covid-19, apalagi jika ada orang tanpa gejala yang tak terdeteksi dan masuk ke situ, maka dipastikan penularan akan terjadi.

"Memang saat ini, masyarakat seakan tak mempunyai pilihan selain beradaptasi dengan kondisi, sehingga satu-satunya cara untuk tetap aman, sebaiknya selalu menjaga imun dengan mengkonsumsi gizi seimbang dan menjaga pola hidup sehat, karena virus ini akan sembuh dengan sendirinya ketika sistem imunitas seseorang itu kuat," tandasnya.

Sementara pengamat kebijakan publik, Josef Kairupan menambahkan memang jika harus melakukan pembukaan pusat perbelanjaan, maka pemerintah harus tegas dalam menerapkan aturan.

Seorang Pria yang Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Tol JORR W2, Ternyata Karyawan Metro TV

"Jika ada yang tak ikuti anjuran dan protokoler kesehatan, maka wajib diberikan sangsi agar ada efek jera," tuturnya.

Di sisi lain, pemerintah juga wajib untuk mengedukasi masyarakat, dalam menerapkan protokoler kesehatan dan mengikuti setiap anjuran.

"Karena meski aturan sudah dibuat sedemikian model, namun tanpa diikuti tingkat kepatuhan masyarakat, maka akan percuma, sehingga edukasi memiliki peranan yang penting guna mengubah sudut pandang masyarakat dan meningkatkan kesadaran, pentingnya mengikuti anjuran dan protokoler kesehatan," tandasnya. (drp)

10 Juli 2020 Mahathir Mohamad Genap 95 Tahun, Berikut Profil Mantan Perdana Menteri Malaysia

Penulis: Don Ray Papuling
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved