Breaking News:

Nasional

Memasuki Era New Normal, TikTok Berikan Bantuan pada Pelaku UMKM

Para pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan program 'Back to Business' di masa pandemi ini.

(Istock/tiktokv.com)
Ilustrasi TikTok 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) tak hany berdampak bagi dunia kesehatan, tetapi juga perekonomian termasuk sektor Usaha Mikor Kecil dan Menengah (UMKM).

Berbagai upaya pun dilakukan agar kondisi perekonomian para pelaku UMKM bisa pulih.

Tak hanya pemerintah yang memberi stimulus berupa relaksasi kredit, pihak-pihak swasta pun juga memberi bantuan, termasuk platform video singkat yang sedang populer saat ini, TikTok.

Untuk membantu sektor UMKM, aplikasi satu ini pun meluncurkan platform 'self serve TikTok for Business' yang dapat digunakan bisnis berskala apapun untuk mengakses solusi periklanan (ads).

Para pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan program 'Back to Business' di masa pandemi ini.

Karena ini merupakan solusi yang ditawarkan TikTok bagi UMKM agar mereka bisa kembali menunjukkan geliatnya di industri tanah air dengan menjangkau audiens yang tepat melalui komunitas TikTok yang kreatif dan inklusif.

Seperti yang disampaikan Direct Sales Leader TikTok Indonesia, Pandhu Wiguna dalam agenda virtual media briefing bertajuk 'Kolaborasi Platform Digital untuk Mendukung Langkah New Normal UMKM' yang digelar Tiktok, Jumat (10/7/2020).

"Format video singkat dan komunitas TikTok yang terkenal akan kreativitas memberikan peluang bagi berbagai bisnis dan usaha, termasuk UMKM, untuk menggaet pasar yang lebih dinamis serta pemasarannya yang lebih efektif dan interaktif," kata Pandhu, pada kesempatan tersebut.

Ia pun menjelaskan alasan dibalik peluncuran platform baru yang memang turut menargetkan UMKM ini, adalah agar para pelaku usaha kecil ini juga bisa mengembangkan bisnis melalui digitalisasi.

Sehingga bisnis para pelaku UMKM diharapkan pulih di era New Normal dan masa transisi kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Platform self-serve yang kami luncurkan ini merupakan evolusi dari TikTok sebagai solusi periklanan masa kini. Dengan akses yang mudah dan fleksibel yang diberikan platform ini, UMKM pun dapat segera melakukan digitalisasi dan membangkitkan kembali bisnisnya di masa new normal ini dan seterusnya," jelas Pandhu.

Inisiatif TikTok ini pun disambut baik pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Dukung Pertumbuhan UMKM di saat New Normal, Ini yang Dilakukan TikTok.

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved