Breaking News:

Update Virus Corona Bitung

Hadapi New Normal, Pemerintah Harus Lakukan Ini

menghadapi tatanan baru atau new normal ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat dan pemerintah Kota Bitung

Istimewa
Pemerhati Kesehatan Kota Bitung dr Sunny Rumawung 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Mencermati situasi dan kondisi masyarakat di tengah Pandemi Covid 19, dikaitkan dengan kesiapan menghadapi tatanan baru atau new normal ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat dan pemerintah Kota Bitung.

Pemerhati Kesehatan Kota Bitung dr Sunny Rumawung bilang, menghadapi itu pemerintah harus mempersiapkan yang namanya infrastruktur atau fasilitas terkait dengan protokol Kesehatan.

Apa saja itu? mulai dari tempat cuci tangan dengan air mengalirnya, sabun, alat pengukur suhu tubuh, alat semprot cairan disinfektan dan lainnya ditempatkan di semua fasilitas umum yang ada.

"Sehingga masyarakat benar-benar menerapka protokol kesehatan, jika ditunjang dengan fasilitas atau infrastrukur pendukung," kata Sunny kepada Tribunmanado.co.id, Kamis (9/7/2020).

Golkar Bolsel Siap Dukung CEP dan SSL di Pilgub Sulut

Kota Bitung kini masih berada dalam zona orange, menurut dokter Sun sapaannya warga dapat beradaptasi dengan pola tatanan baru.

Namun guna memuluskan itu, kembali lagi harus mengikuti yang namanya protokol kesehatan.

Dia memberi contoh di satu di antara fasilitas umum pasar tradisional, harus ditertibkan para pembeli dan penjual yang tidak melakukan protokol kesehatan.

Satu diantara cara, yakni dengan menempatkan banyak petugas untuk berjaga, mengawasi dan terus melakukam imbauan kepada pembei dan penjual agar menerapkan protokol kesehatan.

BREAKING NEWS: Terjadi Tabrak Lari di Depan Kantor Tribun Manado

Termasuk petugas dari instansi terkait, dalam hal menata jarak antara lapak jualan pedagan satu dan yang lain serta jarak interaksi antara pembeli dan penjual.

"Jangan sampai new normal malah jadi kebablasan, masyarakart rasa sudah normal bebas melakukan aktifitas di luar rumah. Ini sangat berbahaya karena pularan viruas masih tinggi, apalagi ketika kondisi di lapangan tidak menerapkan protokol kesehatan," urainya.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved