Breaking News:

Sulut

Pengamat Politik Sulut: VAP Cari Papan Dua Harus Etnis Nusa Utara atau Minahasa

Calon Partai Nasdem yang sedari awal menggadang Vonny Anneke Panambunan (VAP) berpasangan dengan Siswa Rahmat Mokodongan (SRM) pasti akan putar otak.

Ist
VAP bersama jajaran partai Nasdem Sulut 

TRIBUN MANADO.CO.ID, MANADO - Konstalasi Pilkada Sulut 2020 berubah setelah Golkar-PAN berkoalisi mengusung Christiany Eugenia Paruntu - Sehan Salim Landjar (CEP-SSL).

Calon Partai Nasdem yang sedari awal menggadang Vonny Anneke Panambunan (VAP) berpasangan dengan Siswa Rahmat Mokodongan (SRM) pasti akan putar otak mencari strategi baru menentukan pasangan.

DR Alfons Kimbal, Pengamat Politik Unsrat mengatakan, Nasdem pasti bereaksi dengan langkah Golkar dan PAN, apalagi CEP sudah menggandeng SSL yang notabene figur Bolmong Raya sama seperti SRM.

"Pertimbangannya sosiologi politik keterwakilan etnis Bolmong Raya ini tak akan maksimal mendulang suara jika sudah lebih dari satu calon yang diusung," kata dia.

Logika politiknya jika CEP sudah menggandeng SSL, maka VAP kemungkinan kecil kemudoan menggandeng SRM.

"Maka kemungkinan besar kubu VAP akan mulai mencari alternatif figur papan 2," kata Kimbal.

Mengacu pada sosiologis politik, maka pilihan logisnya VAP menggandeng figur etnis Nusa Utara atau figur etnis Minahasa.

Nusa Utara sebenarnya punya sejumlah figur yang bisa dipertimbangkan untuk posisi papan 2, semisal

Paling ideal menggandeng Elly Englebert Lasut, meski dari etnis Minahasa tapi kadang pengabdiannya sebagai Bupati Talaud ada di Nusa Utara.

"E2L sebagai Bupati Talaud punya massa ril, selain itu bisa menyatukan faksi di Nasdem yang sempat renggang ketika perebutan SK antara VAP Dan E2L," kata dia.

Halaman
123
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Vendi Lera
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved