Breaking News:

Kesehatan

Tak Boleh Dilakukan Berlebihan, Berikut Durasi Tidur Siang yang Paling Baik

Tidur siang boleh dilakukan lebih dari 30 menit, tapi tidak dianjurkan lebih dari 90 menit karena bisa menimbulkan rasa pusing setelah itu.

Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KESEHATAN - Ketika sudah dewasa, banyak orang yang mengabaikan tidur siang. Padahal kegiatan satu ini terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari MNN, studi mengungkap bahwa tidur siang tidak hanya bermanfaat untuk anak-anak, tapi juga berpengaruh hingga dewasa.

Beberapa manfaat tidur siang yang sayang untuk dilewatkan, di antaranya yakni:

  • Meningkatkan daya ingat atau memori
  • Menurukan tekanan darah
  • Sehatkan jantung
  • Meningkatkan mood
  • Menekan stres
  • Memulihkan kewaspadaan
  • Mengurangi kelelahan
  • Mengembalikan energi

Daya tahan tubuh juga bisa meningkat jika kita rutin tidur siang. Namun tetap, tidur siang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Tidur siang yang terlalu lama misalnya, bisa mengganggu waktu tidur malam dan mengurangi semua manfaat tidur siang sendiri.

Tak hanya itu, tidur siang terlalu lama bahkan bisa memicu kelelahan dan pusing setelah bangun. Lalu, berapa lama tidur siang yang paling baik?

Merangkum American Heart Association, tidur siang yang sebaiknya dilakukan adalah tidur siang singkat selama 20-30 menit.

Jenis tidur siang ini memberikan manfaat yang signifikan untuk meningkatkan kewaspadan dan kinerja tubuh tanpa membuat seseorang merasa pusing atau mengganggu tidur malam.

Tidur siang boleh dilakukan lebih dari 30 menit, tapi tidak dianjurkan lebih dari 90 menit karena bisa menimbulkan rasa pusing setelah itu. 

Melansir Insider, psikiater sekaligus Pendiri Menlo Park Psychiatry & Sleep Medicine, Alex Dimitriu, MD, juga menyebut tidur siang sebaiknya cukup dilakukan 20-30 menit saja.

Halaman
12
Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved