Breaking News:

Update Virus Corona Bolmut

Rawat Satu Orang Pasien PDP, Ini Kondisi Terkini Pasien di Ruang Isolasi RSUD Bolmut

Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang dirawat di RSUD Bolmut resmi dipulangkan, kini tinggal satu orang pasien PDP diruang isolasi RSUD Bol

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Aldi Ponge
TRIBUNMANADO/MAJER LUMANTOW
Ruang Isolasi RSUD Bolmut, kini rawat satu orang pasien PDP. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Setelah sebelumnya Pasien 03 yang terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang dirawat di RSUD Bolmut resmi dipulangkan, kini tinggal satu orang pasien PDP di ruang isolasi RSUD Bolmut yang menjalani perawatan medis.

Pemulangan pasien positif tersebut berdasarkan aturan baru World Health Organization (WHO), dan telah ditindak lanjuti dengan Surat Edaran Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Nomor: 440/Sekr/1712/VI/2020 Terkait Pemulangan Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19 yang di rawat di RSUD.

Kepala Dinas Kesehatan Bolmut dr Jusnan C Mokoginta MARS mengatakan bahwa dalam Surat tersebut menerangkan bahwa pasien dapat dipulangkan setelah 30 hari mengikuti masa inklubasi virus.

"Disitu, apabila pasien sudah tidak ada gejala dan tidak ada keluhan, maka pasien tersebut bisa dipulangkan, masa inkubasi virus juga sudah lebih dari 30 hari," jelas Mokoginta.

Diketahui, sampai dengan saat ini tinggal satu orang pasien PDP asal Bintauna berinisial (IS) yang dirawat secara intens diruang isolasi RSUD Bolmut.

Terkait kondisi pasien tersebut, salah satu dokter yang menangani langsung pasien PDP diruang isolasi dr Dawam Anshori mengatakan kondisi pasien dalam keadaan baik.

"Kondisi pasien sampai dengan saat ini dalam keadaan sehat, beberapa hari ini telah dipantau kondisi pasien dalam keadaan baik," ujar dr Dawam kepada Tribun Manado, Selasa (7/7/2020).

Dikatakan dr Dawam, saat ini pihak RSUD masih sementara menunggu hasil Swab dari pasien PDP tersebut untuk memastikan apakah status pasien tersebut terkonfirmasi positif atau tidak.

"Hanya memang sejauh ini kondisi pasien sehat dan stabil, pasien sudah diambil 2 kali Swab, saat ini tinggal menunggu hasil," kata dia.

Selain itu, lanjutnya, jika pasien dalam 30 hari kedepan belum keluar hasil Swab, sesuai aturan dari WHO pasien bisa dipulangkan untuk menjalani isolasi mandiri dirumah.

Kendati demikian, dirinya berharap pasien dan pihak keluarga bisa bersabar untuk menunggu hasil Swab tersebut.

"Kita doakan mudah-mudahan hasilnya negatif sehingga pasien bisa segera dipulangkan," pungkasnya. (Mjr).

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved