Breaking News:

Info Kesehatan

Menderita Asam Urat? Coba Deh Konsumsi 12 Makanan ini

pilihan makanan untuk penderita asam urat perlu diperhatikan guna mencegah serangan asam urat yang menyakitkan.

tribunnews.com
Asam Urat 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Penderita asam urat memang harus serba selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsinya.

Nah anyway apakah Anda juga penderita asam urat?

Berikut ini pilihan makanan untuk penderita asam urat yang dianjurkan:

1. Penuhi kebutuhan karbohidrat Karbohidrat bagi penderita asam urat merupakan sumber energi utama. Maka dari itu, karbohidrat yang perlu diberikan kepada penderita asam urat relatif dalam jumlah yang tinggi, yakni 65-75 persen dari total kalori yang didapatkan tiap hari. Baca juga: Jangan Sembarangan Ambil, Ini Porsi Ideal Nasi Sekali Makan

2. Batasi asupan protein Asam urat terbentuk dari metabolisme purin. Sementara purin merupakan bagian dari nukleoprotein.

Pengaruh makanan pada proses pembentukan dan pemecahan purin sangat sedikit. Jadi, pembatasan makanan yang yang mengandung asam urat memang tidak dapat menurunkan simpanan asam urat secara bermakna.

Meski demikian, penderita asam urat harus membatasi atau menghindari makanan tinggi purin untuk menurunkan stres metabolik (misalnya ketosis dari makanan yang berlebihan) dan mengurangi pemakaian obat-obatan.

Oleh karena itu, protein yang diberikan sebaiknya dalam jumlah yang moderat, yakni 1 gram per kg berat badan (BB) atau 10-12 persen total energi.

Batasi konsumsi lemak Lemak yang diasup oleh penderita asam urat atau gout sebaiknya dalam jumlah sedikit, yakni 10-25 persen dari total kalori yang didapatkan tiap hari.

Saran tersebut didasarkan pada pertimbangan berikut:

Halaman
1234
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved