Berita Boltim

Luruskan Persoalan Dana BUMDes dengan Musyawarah, Sangadi Tak Ingin Warganya Terlibat Masalah

Sangadi Bukaka Arfan Ibrahim menegaskan persoalan dana BUMDes yang dicairkan oleh mantan Sekdes Bukaka Iswandi Mamonto sudah menemui titik terang

Tribun manado / Siti Nurjanah
Sangadi Bukaka Arfan Ibrahim 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Sangadi Bukaka Arfan Ibrahim menegaskan persoalan dana BUMDes yang dicairkan oleh mantan Sekdes Bukaka Iswandi Mamonto dengan menggunakan SK Palsu sudah menemui titik terang.

Menurutnya, untuk dana Rp 50 juta yang terlanjur cair akan dikembalikan oleh yang bersangkutan dengan kurun waktu sebulan mulai dari 7 Juli hingga 7 Agustus 2020.

"Kami memberikan waktu, sebab dari bersangkutan meminta waktu, hasil musyawarah kami berikan waktu sebulan," ucapnya saat dikonfirmasi Tribunmanado.co.id, Selasa (7/7/2020).

Ia menjelaskan alasan dirinya hanya menempuh jalur musyawarah karena pengurus BUMDes adalah warganya, Ia tak ingin warganya terlibat masalah.

Pemkot Tomohon Pastikan Tak Ada Pengangkatan CPNS dari Tenaga Honorer

"Jadi kalau masih bisa dirundingkan atau dimusyawarahkan secara kekeluargaan kenapa tidak, nah kalau dilaporkan ke pihak berwajib itu kalau yang bersangkutan memang sudah tidak ada itikad baik, nah tadi yang bersangkutan melalui bendahara yang tak lain istrinya sendiri mau mengembalikan uang tersebut," jelasnya.

Ia menegaskan, dirinya adalah satu di antara korban dari kasus pencairan dana BUMDes menggunakan SK palsu.

"Saya korban juga di sini, karena tanda tangan saya mereka gunakan di SK palsu itu," ucapnya.

Ia tak menampik bahwa SK BUMDes yang diketuai Iswandi Mamonto tersebut palsu.

Gelar Rapat Timpora, Rachmat Pontoh: Sinergitas Sangat Penting Dalam Pengawasan Orang Asing

"Karena memang sampai saat ini ketua BUMDes Bukaka masih Minarti bukan Iswandi Mamonto" jelasnya.

Ia menambahkan, posisi saat ini persoalan dana BUMDes yang terlanjur cair akan dikembalikan. Namun untuk pemalsuan dokumen masih menunggu pertemuan lagi dengan pihak yang memalsukan SK dan Kadis PMD Uyun K Pangalima.

"Karena masalah ini, sudah kami limpahkan ke Pemkab dalam hal ini PMD, jadi kurang tunggu besok ada pemanggilan, apakah yang memalsukan dokumen akan dilaporkan keranah hukum atau akan tempuh jalur musyawarah kekeluargaan, karena mohon maaf biar bagaimana pun yang bersangkutan pernah jadi mantan sekdes dan yang terpenting uang tersebut kembali fan saya tidak ingin masyarakat saya di Bukaka terlibat dalam masalah, kalau bisa diselesaikan dengan baik kenapa tidak," bebernya.

Wartawan Tribun Manado masih terus berusaha mengonfimasi hal ini kepada mantan Sekdes Bukaka Iswandi Mamonto, namun nomor seluler miliknya tidak aktif.

Tribun terus mencari informasi terkait keberadaan Iswandi bahkan kerabat dan temannya pun tak tahu yang bersangkutan ada di mana. (nur)

Berjanji akan Mengurus Istri, Terungkap Niat Jahat Pemuda 24 Tahun yang Nikahi Sepupunya 81 Tahun

 

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved