Breaking News:

Info BPBD

Hampir Sepekan Curah Hujan Tinggi, BPBD Imbau Masayrakat Area Sungai Tetap Waspada

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengeimbauan kepada masyarakat agar waspada selama beraktifitas.

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Rizali Posumah
Doc.pribadi
Kaban BPBD Mitra Welly Mononimbar 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Curah hujan tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) selang sepekan ini.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada selama beraktifitas di luar rumah.

Informasi tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Badan (Kaban) Welly Mononimbar saat dikonfirmasi hari ini Selasa (7/7/2020) diruang kerjanya.

"Dengan curah hujan yang terus melanda wilayah kita selang hampir sepekan ini, diimbau agar masayrakat lebih berhati-hati lagi saat melakukan aktifitas diluar rumah," ujarnya.

Dikatakannya, pada pekan ini, ada 3 rumah yang berada diwilayah aliran sungai tepatnya di Kelurahan Nataan Kecamatan Rataan yang sempat kena dampak dari cuaca extreme ini.

"Beberapa hari yang lalu, ada tiga
rumah yang kita amankan karena kena musibah tersebut. Dan satu dari itu, memang cukup serius karena sebagian rumah ikut terhanyut gelombang arus sungai," terangnya.

Dijelaskannya, kejadian tersebut, akibat dari meningkatnya volume air sungai sehingga terjadi pengikisan air didinding diemperan rumah, sehingga terjadi musibah yang menimpa deretan rumah tersebut.

"Kami juga sudah memberikan bantuan ala kadarnya, kepada setiap penghuni ketiga rumah yang kena musibah tersebut," tandasnya.

Adapun pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU).

"Kita saat ini, punya dana hibah untuk pembuatan tanggul. Kit juga telah melakukan koordinasi dengan pihak PU, untuk membuat tanggul dijalur sungai tersebut, juga nantinya tiga rumah yang kena musibah akan mendapat bagian dari bantuan tersebut," jelas Mononimbar. (Ano)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved