Breaking News:

Dinsos Mitra Siapkan Bantuan Rp 700 Juta Untuk Kelompok UEP

ntisipasi penguatan ekonomi di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) lewat Dinas Sosial (Dinsos) siapkan Rp 700 Juta.

Penulis: Giolano Setiay
Editor:
TRIBUN MANADO/GIOLANO SETIAY
Franky Wowor 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Antisipasi penguatan ekonomi di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) lewat Dinas Sosial (Dinsos) siapkan Rp 700 Juta.

Anggaran tersebut, bukan dalam bentuk tunai. Realisasinya menurut Kepala Dinas (Kadis) Sosial Frangky Wowor saat dikonfirmasi kembali hari ini Selasa (7/7/2020), dalam bentuk bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

"Penyalurannya dipastikan dalam waktu dekat. Dan itu peruntukannya jelas akan disalurkan kepada kelompok usaha bersama dalam bentuk bantuan usaha ekonomi produktif," beber Wowor.

Dijelaskannya, bantuan tersebut merupakan kebijakan dari Bupati James Sumendap SH demi penguatan dan kestabilan masalah ekonomi masyarakat ditengah Pandemi Covid-19.

"Kemungkinan, baru di Minahasa Tenggara yang mengambil langkah dan kebijakan ini. Dan ini dinilai akan memberikan dampak positif yang kuat dengan benefit yang baik bagi setiap masyarakat dalam mempertahankan ekonomi keluarga terdampak," tandas mantan Kepala Bagian (Kabag) Humpro ini.

Ia menerangkan, nantinya setiap kelompok usaha tersebut bakal diberikan kebebasan memilih usaha yang diinginkan. Meski begitu, ditekankan agar usaha yang dipilih sudah jalan dan telah memberikan hasil selang tiga bulan, itu merupakan kategori penerima bantuan usaha ini.

"Penyalurannya nanti, satu Kelompok Usaha nantinya ada10 orang. Dan dari satu kecamatan, ada sekitar 2 sampai 3 kelompok penerima. Ini dipastikan sangat membantu, apalagi bagi masyarakat miskin dan benar-benar berdampak Covid-19," pungkasnya.

Dari total yang disediakan yakni kepada penerima UEP KUBE ini, sekitar 700 juta rupiah dan untuk 30 kelompok penerima. Juga alokasi dana ini, berasal dari dana Covid-19.

"Bantuan ini, akan langsung dicairkan sekaligus, jadi mekanismenya seperti pelaku usaha yang beternak, kami yang beli ternaknya juga dengan beli pakan ternak," terang Wowor.

Nantinya total dana yang bakal diberikan untuk setiap kelompok berjumlah Rp 15-20 juta.

"Semua kita anggarkan sesuai dengan standar bantuan kementerian untuk KUBE," tukasnya.

Ia menambahkan, bila sudah diberikan bantuan, setiap kelompok harus melaporkan kepada Hukum Tua setempat dan akan diteruskan ke pihak dinsos Mitra. "Nantinya bila bantuan sudah diberikan, kelompok penerima harus segera memberi laporan kepada hukum tua dan bakal diteruskan ke Dinas Sosial," kuncinya.(ano)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved