Breaking News:

News

Komandan USS Nimitz Laksamana Muda James Kirk: Mereka Melihat Kami dan Kami Melihat Mereka

Dua kapal induk Amerika Serikat (AS) dilaporkan menggelar latihan di Laut China Selatan, disaksikan oleh pihak lawannya.

Istimewa
Kapal Induk Amerika sedang latihan perang di laut China Selatan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ketegangan antara China dan Amerika Serikat masih berlanjut.

Amerika yang sedang melakukan latihan perang di Laut China Selatan mulai memperlihatkan kekuatan militernya.

Kapal USS Nimitz dari Carrier Strike Group menggelar latihan dengan kapal induk dari Armada Ketujuh, USS Ronald Reagan, pada 4 Juli, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan AS.

Kapal USS Nimitz dari Carrier Strike Group menggelar latihan dengan kapal induk dari Armada Ketujuh, USS Ronald Reagan.
Kapal USS Nimitz dari Carrier Strike Group menggelar latihan dengan kapal induk dari Armada Ketujuh, USS Ronald Reagan. (Istimewa)

Dua kapal induk Amerika Serikat (AS) dilaporkan menggelar latihan di Laut China Selatan, disaksikan oleh pihak lawannya.

Komandan USS Nimitz, Laksamana Muda James Kirk melalui sambungan telepon menyatakan, latihan mereka diperhatikan oleh kapal China.

"Mereka melihat kami dan kami melihat mereka," ujar Laksamana Kirk dari Nimitz sebagaimana diberitakan Reuters pada Senin (6/7/2020).

Angkatan Laut AS sebenarnya sudah beberapa kali menggelar latihan perang di Laut China Selatan sebagai unjuk kekuatan pada masa lalu.

Tapi, pengerahan USS Nimitz dan USS Ronald Reagan terjadi di tengah ketegangan dua negara, di mana Washington mengkritik Negeri "Panda".

Tidak hanya penanganan terhadap virus corona, AS juga menuding Beijing mengambil keuntungan dari wabah untuk mengklaim wilayah di Laut China Selatan.

Negeri "Panda" mengklaim sepersepuluh dari laut yang kaya akan sumber daya alam itu, yang menghasilkan 3 triliun dollar AS (Rp 43,4 kuadrilion) per tahun.

Halaman
12
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved