Breaking News:

News

USS Ronald Reagan dan USS Nimitz akan Berada di Laut China Selatan Mulai Hari Ini Sabtu (4/7/2020)

Tujuannya untuk menunjukkan sinyal yang tidak ambigu kepada mitra dan sekutu kami, bahwa kami berkomitmen terhadap keamanan dan stabilitas regional.

NHK Via TribunBali.com
USS Carl Vinson (CVN 70) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Beginilah kondisi terbaru di Laut China selatan. 

Belum lama ini China telah digelar latihan militer. 

Lokasi latihan di dekat kepulauan Kepulauan Paracel.

Hal itu membuat sejumlah negara seperti Vietnam dan Filipina khawatir dan melontarkan kritiknya.

Merespon aktivitas latihan militer China di wilayah yang disengketakan, AS kemudian mengirim dua kapal induk ke Laut China selatan.

Mengutip Wall Street Journal, Reuters melaporkan, USS Ronald Reagan dan USS Nimitz akan berada di Laut China Selatan mulai Sabtu (4/7).

"Tujuannya adalah untuk menunjukkan sinyal yang tidak ambigu kepada mitra dan sekutu kami, bahwa kami berkomitmen terhadap keamanan dan stabilitas regional," kata Komandan Kelompok Tempur USS Ronald Reagan Laksamana Muda George M. Wikoff.

Latihan itu, Wikoff mengatakan, bukan respons terhadap latihan militer China, yang minggu ini Pentagon kritik sebagai "kontra-produktif terhadap upaya meredakan ketegangan dan menjaga stabilitas".

China menepis kritik AS terhadap latihan militernya pada Jumat (3/7) dan menyebut Amerika Serikat yang harus disalahkan karena meningkatnya ketegangan di Laut China Selatan.

Wikoff tidak memberikan lokasi latihan AS.

Halaman
12
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved