Breaking News:

Update Virus Corona Sulut

Sulut Masuk Zona Orange, Dandel: Penyebaran Covid-19 Mulai Terkendali

Berubahnya status zonasi risiko Provinsi Sulawesi Utara dari merah menjadi orange, menunjukan penyebaran Covid-19 di Bumi Nyiur Melambai

tribun manado
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr Steaven Dandel 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Berubahnya status zonasi risiko Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dari merah menjadi orange, menunjukan penyebaran Covid-19 di Bumi Nyiur Melambai, sudah mulai terkendali.

"Di mana pada minggu ketiga Juni, kita masih ada di zona merah, dengan nilai 1,67 dari perhitungan secara kumulatif dari 14 indikator resiko kesehatan sesuai Juknis gugus tugas pusat, yang kemudian pada minggu keempat kita berhasil naik ke zona orange dengan nilai keseluruhan 2,01," bebernya

Dandel mengatakan memang menurunnya status dari resiko tinggi ke risiko sedang saat ini, karena adanya perbaikan pada indikator kesembuhan kasus positif dan kasus PDP yang discarded serta surveilans laboratory dan mortality rate.

"Meski begitu, pada zona orange risiko penyebaran Covid-19 masih berpotensi menjadi tidak terkendali, sehingga masyarakat direkomendasikan untuk tidak beraktivitas diluar rumah," jelasnya.

Laporan Warga, Timsus Maleo Mengamankan Pria Membawa Sajam

Ia mengatakan para pekerja juga disarankan untuk tetap bekerja dari rumah kecuali pekerja tertentu yang berhubungan dengan kesehatan, pelayanan dasar dan keamanan. Disisi lain tempat umum harua tetap ditutup, untuk mencegah terjadinya penularan ditempat umum

Selain itu tambah Dandel untuk aktivitas bisnis memang diizinkan dibuka namun terbatas.

"Hanya khusus yang menyediakan bahan pokok, obat-obatan dan berbagai kebutuhan dasar lainnya, tapi itupun harus memberlakukan protokoler kesehatan secara ketat," terang dia.

Pot Bunga Mulai Ramai Dicari Warga Kotamobagu, Pedagang Raup Untung

"Untuk fasilitas pendidikan, belum direkomendasikan dibuka, sehingga belum ada aktivitas untuk sementara," bebernya.

Ia pun berharap masyarakat tetap patuh pada seluruh rekomendasi dan aturan yang telah ditetapkan, karena kondisi seperti ini bisa saja risk assessment Sulut kembali pada posisi merah akibat ketidakpatuhan masyarakat.

"Sehingga ini wajib diperhatikan seluruh masyarakat, karena jika kondisi kita terus membaik secara risk assessment, maka kita juga akan cepat mempertimbangkan untuk pemberlakuan the new normal, karena diberlakukannya new normal, dihitung berdasarkan risk assessment ini," tandasnya. (drp)

Wanita Cantik di Manado Ini Akui Belanja Online Lebih Gampang, Walaupun Kadang Tak Sesuai Keinginan

Penulis: Don Ray Papuling
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved