Breaking News:

Update Virus Corona Manado

Pembukaan Rumah Ibadah di Manado Kewenangan Tokoh Agama, Lumentut: Tanggung Jawab Bersama

berdasarkan kesepakatan dengan para pemuka agama, pembukaan rumah ibadah akan diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing pimpinan jemaat

Tribun Manado/ Don Ray Papuling
Wali Kota Manado Vicky Lumentut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Meski saat ini Kota Manado menjadi daerah keenam di Indonesia dengan insiden kasus Covid-19 tertinggi, namun pembukaan sejumlah rumah ibadah di ibukota Provinsi Sulawesi Utara tersebut nampaknya akan tetap dilakukan.

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut dalam siaran persnya di Fanpage Pemkot Manado Kamis (2/7/2020) mengatakan, meski selaku ketua gugus tugas dirinya tak mengizinkan adanya pembukaan rumah ibadah, namun berdasarkan kesepakatan dengan para pemuka agama, pembukaan rumah ibadah akan diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing pimpinan jemaat.

"Di mana setiap pimpinan rumah ibadah, harus mampu memenuhi sejumlah persyaratan yang telah diberikan, dengan mengatur jalannya kegiatan ibadah, sesuai protokol kesehatan yang ketat," jelasnya.

Manado Zona Merah Covid-19, Warga Menumpuk di Kantor Disdukcapil

Lumentut, mengatakan memang pembukaan rumah ibadah saat Manado dalam zona merah sangat berbahaya, namun kita tidak mau hal ini menjadi polemik dan digiring dengan pernyataan 'pasar saja dibuka, masa kita beribadah tidak boleh'.

"Saya tidak mau terseret pada pemikiran bahwa Pemerintah tidak beri ruang untuk warganya beribadah, sehingga para pengantar umat yang menjadi pimpinanlah yang memutuskan apakah rumah ibadah sudah dapat digunakan untuk beribadah atau belum sesuai dengan kriteria yang kami tetapkan," ucap dia.

Sehingga tambahnya, konsekuensi dari pembukaan rumah ibadah ini, harus menjadi tanggung jawab bersama.

"Jangan nanti terjadinya penularan, baru wali kota yang dipersalahkan. Ini harus jadi tanggung jawab bersama," tandasnya.

Sekedar informasi dari data gugus tugas pusat, insiden kasus Covid-19 di Kota Manado menduduki peringkat enam, dengan 169,86 kasus per 100.000 penduduk. (drp)

Ribuan Liter Cap Tikus Diamankan Polisi Saat Akan Dibawa ke Manado


Penulis: Don Ray Papuling
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved