Breaking News:

Update Virus Corona Manado

Ini Penjelasan Wali Kota Manado Terkait Pengaktifan Rumah Ibadah

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut temui pemuka agama secara virtual bahas pengaktifan kegiatan di rumah ibadah, Kamis (2/7/2020)

Penulis: Fistel Mukuan | Editor: David_Kusuma
Istimewa
Wali Kota Manado saat di rumah ibadah sebelum pandemi Covid-19 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut temui pemuka agama secara virtual bahas pengaktifan kegiatan di rumah ibadah, Kamis (2/7/2020).

Manado sudah ditetapkan menjadi zona merah melalui Gugus Tugas Nasional percepatan penanganan Covid-19 pada aplikasi Bersatu Lawan Covid-19, pasca-dikeluarkannya Peraturan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 44 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman (AKB-M2PA).

Hal itu membuat Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Manado sekaligus Wali Kota Vicky Lumentut, merubah strategi pengendalian.

"Kita semua tentu gembira karena pada 23 Juni 2020 yang lalu Pak Gubernur sudah mengeluarkan Peraturan Gubernur Sulut Nomor 44 Tahun 2020 tentang AKB-M2PA. Tetapi rupanya Pergub ini tidak mencabut Pergub 8 Tahun 2020 tentang Optimalisasi Pencegahan Penyebaran (OPP) Covid-19 di Sulut," ucap Wali Kota.

Wagub Beber Alasan Gubernur Olly Keluarkan Pergub, Pedoman Jalani Hidup di Tengah Covid

Lanjutnya, sehingga ketika Pemerintah Pusat melalui Gugus Tugas Nasional menetapkan Kota Manado berada pada zona merah dan penanganannya diserahkan ke daerah masing-masing, membutuhkan pengendalian yang lebih berbasis kearifan lokal.

Sebagai langkah antisipatif terkait perkembangan tersebut, Wali Kota Vicky Lumentut melakukan tatap muka secara virtual dengan 1.200 pemuka agama di Kota Manado.

Tatap muka virtual ini dilaksanakan bertahap dimulai Rabu 1 Juli 2020 kemarin, usai acara Manado Berdoa dan Deklarasi Manado Sembuh, meeting virtual diikuti sekitar 400 pemuka agama yang didominasi tokoh agama Kristen dan Katolik.

Dijadwalkan hari ini Kamis (2/7/2020) akan dilanjutkan dengan tokoh agama Islam, Budha, Hindu, dan Konghuchu, dan diakhiri pada Jumat 3 Juli 2020.

Kapolda Sulut Irjen Royke Lumowa Kunjungi BNI Manado, Pastikan Protokol Kesehatan Berjalan Baik

Wali Kota Vicky Lumentut menjelaskan dalam sambutan awal sosialisasi  bahwa, berkenan dengan permintaan-permintaan untuk kembali diaktifkannya rumah ibadah, dengan memperhatikan kondisi Kota Manado sementara berada di zona merah dengan angka yang tinggi.

Karena itu Wali Kota berharap agar tokoh agama dapat mencermati secara bijaksana untuk mengambil keputusan ketika sudah ada keinginan untuk kembali menyelenggarakan peribadatan di rumah ibadah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved