Breaking News:

Update Virus Corona Sulut

Ini Kriteria Pembukaan Aktivitas Berdasarkan Zonasi

Penerapan peraturan gubernur nomor 44 tahu 2020, yang akan dilakukan pemerintah kabupaten/kota perlu mempertimbangkan kriteria risiko daerah

Istimewa
Penerapan peraturan gubernur nomor 44 tahu 2020, yang akan dilakukan pemerintah kabupaten/kota perlu mempertimbangkan kriteria resiko daerah, berdasarkan warna zonasi masing-masing. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Penerapan peraturan gubernur nomor 44 tahu 2020, yang akan dilakukan pemerintah kabupaten/kota perlu mempertimbangkan kriteria risiko daerah, berdasarkan warna zonasi masing-masing.

Hal ini diungkapkan Juru bicara gugus Provinsi Sulawesi Utara, dr Steaven Dandel, Kamis (2/7/2020). Ia menjelaskan pembukaan 15, aktivitas yang diatur dalam Pergub 44 tahun 2020, harus mempedomani risk assessment dan kriteria resiko daerah berdasarkan warna zonasi.

"Dimana jika suatu daerah itu berada dalam zona merah berarti transmisi lokal telah terjadi secara cepat dan tidak terkendali dimana wabah menyebar luas dan menimbulkan banyak klaster baru, sehingga rekomendasinya aktivitas bisnis ditutup kecuali untuk keperluan esensial seperti farmasi, supermarket bahan pokok, klinik dan stasiun bahan bakar, serta memprioritaskan penggunaan fasilitas kesehatan. Fasilitas pendidikan juga ditutup dan dilakukan pembelajaran jarak jauh," jelasnya.

SBSI-KSPI Sulut Dukung Penerapan Pergub Adaptasi Kebiasaan Baru Covid-19

Untuk zona orange tambah dia aktivitas bisnis dibuka terbatas dengan memberlakukan protokoler kesehatan yang ketat. Perjalanan dengan protokoler kesehatan juga diperbolehkan. Meski begitu fasilitas kesehatan masih ditutup dan kelompok yang rentan juga harus tetap tinggal dirumah .

"Sedangkan zona kuning, aktivitas bisnis dan tempat olahraga bisa dibuka, namun dengan penerapan protokoler kesehatan yang ketat, fasilitas kesehatan dibuka secara normal, kegiatan keagamaan dibuka secara terbatas namun kelompok rentan masih harus tetap tinggal di rumah," terang dia.

Dan untuk zona hijau, tambah Dandel, seluruh aktivitas sudah kembali dizinkan, namun harus memberlakukan protokoler kesehatan yang ketat, namun jika mengalami gejala flu, wajib untuk tidak keluar rumah. (drp)

Daerah Pedalaman Ini Jual Beras Seharga 4 Gram Emas dan Mi Instan Setara Rp 1 Juta

Penulis: Don Ray Papuling
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved