Breaking News:

Berita Tomohon

Gandeng LPKA Tomohon, PKBI Gelar Capacity Building

Virtual Meeting Capacity Building Petugas LPKA dengan tema Psychological Capital Anak Yang Berhadapan dengan hukum, Kamis (2/7/2020).

IST
Para petugas LPKA Tomohon saat mengimuti Capacity Building. 
 TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Upaya meningkatkan kapasitas dilakukan Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tomohon Marulye Simbolon berserta Pejabat struktural dan Staf.
Salah satunya dengan mengikuti Virtual Meeting Capacity Building Petugas LPKA dengan tema Psychological Capital Anak Yang Berhadapan dengan hukum, Kamis (2/7/2020).
Kegiatan yang dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi zoom ini diikuti oleh LPKA Tomohon, PKBI Sulut dan stakeholder pemerhati anak lainnya.
Kepala LPKA Tomohon Marulye Simbolon secara seremoni membuka kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini.
Dia mengatakan bahwa Anak merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa ,yang dititipkan kepada kita dan keberadaannya merupakan anugrah yang harus kita dijaga, dirawat dan dilindungi karena didalamnya melekat harkat, martabat, dan hak-hak sebagai manusia yang harus dijunjung tinggi. 
"Anak yang menjalani pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak mereka berhak mendapat pendidikan dan latihan kemampuan lain baik secara formal maupun informal sesuai minat dan bakat serta kemampuannya, serta memperoleh hak-hak anak normal yang lain," katanya.
Untuk itu, Lanjut Simbolon, anak berhak mendapatkan perlakuan dan pembinaan yang layak.
"Pembinaan yang layak yaitu mendapatkan hak-haknya sesuai dengan undang-undang dan dianggap sedang menjalani proses rehabilitasi, pendidikan dan pembinaan agar menjadi lebih baik dan dapat kembali diterima dimasyarakat," jelasnya.
Dalam kegiatan ini peserta juga menerima materi dari dua pembicara, yaitu terkait Penerapan Protokol Kesehatan di Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan dan LPKA yang di bawakan oleh dr. Angelheart J. M Ratu, MS, PhD dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Unsrat.
Kemudian materi menumbuh Kembangkan dibawakan Psy Cap ABH yang dibawakan oleh Drs. Psi Lengkana Nasman, MBA dari Pembina Yayasan Tumbuh Kembang Pesona.
"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas petugas LPKA dan stakeholder pemerhati anak dalam menghadapi Anak Yang Berhadapan dengan Hukum terkait pola penanganan dan pembinaan Anak," tandas Simbolon. (hem)
Penulis: Hesly Marentek
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved