Update Virus Corona Sulut

1032 Kasus Virus Corona di Sulut Dideteksi dari Transmisi Lokal

Masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) patut waspada dan harus mendisiplinkan diri dalam mengikuti setiap anjuran pemerintah.

Tribun Manado/ Don Ray Papuling
Juru bicara Satgas Covid-19 Pemprov Sulut dr Steaven Dandel 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) patut waspada dan harus mendisiplinkan diri dalam mengikuti setiap anjuran pemerintah.

Pasalnya hingga saat ini, kurva epidemiologi penyebaran Covid-19 di Sulut kian meningkat dan nyaris keseluruhan kasus terkonfirmasi positif adalah transmisi lokal, dimana penyebaran virus tersebut, telah terjadi diantara warga.

Juru bicara tim gugus tugas Covid-19 Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel Selasa (30/6/2020) malam kemarin mengatakan, total rekapan per Senin (29/6/2020) dari 1082 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Bumi Nyiur Melambai, hanya sekitar 50 atau 4,6 persen kasus terkonfirmasi positif itu berasal dari luar daerah, maupun kontak erat pelaku perjalanan.

"Sedangkan sisanya 1032 kasus yang terkonfirmasi positif itu merupakan transmisi lokal. Itu artinya, penyebaran Covid-19 di Sulut itu telah terjadi antar sesama masyarakat, sehingga sangat diperlukan kerjasama yang baik dari seluruh masyarakat untuk tetap mengikuti anjuran pemerintah dengan menjalankan protokol kesehatan dan menjaga pola hidup bersih," jelasnya.

Dandel mengatakan adanya Pergub 44 tahun 2020 yang sudah mengijinkan pembukaan sejumlah aktivitas itu bukan serta-merta langsung membebaskan semua aktivitas dan kembali seperti semula.

"Namum sebaliknya, dalam Pergub tersebut telah diatur bagai mana perilaku kita saat berada ditempat umum dengan tetap mengikuti aturan, sehingga ini sangat membutuhkan kedisiplinan yang tinggi dari masyarakat, serta mulai beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru," tandasnya.

Sekedar informasi pada Selasa (30/6/2020) malam kemarin jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut, mencapai 1109 Kasus, dimana 220 telah dinyatakan sembuh dan 82 diantaranya meninggal dunia. (Tribunmanado/Don Papuling)

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

Penulis: Don Ray Papuling
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved