Tips Hadapi Virus Corona

Perkuat Daya Tahan Tubuh, Menkes Terawan Ajak Masyarakat Konsumsi Obat Tradisional Modern Indonesia

"Sudah dibuktikan keamanan dan kasiatnya secara ilmiah melalui uji praklinik maupun klinik," kata Menteri Terawan.

Tribunnews.com/Dennis Destryawan
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto saat jadi pembicara dalam Webinar Nasional IV Bulan Bung Karno 2020 yang diselenggarakan Badan Pendidikan dan Pelatihan Pusat PDIP, Selasa (30/6/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi virus corona (Covid-19), masyarakat Indonesia diminta untuk tidak ragu mengonsumsi Obat Tradisional Modern Indonesia (OMAI).

Hal tersebut diimbau langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Bahkan secara khusus Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mempromosikannya.

"Sudah dibuktikan keamanan dan kasiatnya secara ilmiah melalui uji praklinik maupun klinik," kata Menteri Terawan dalam Webinar Nasional IV Bulan Bung Karno 2020 yang diselenggarakan Badan Pendidikan dan Pelatihan Pusat PDIP, Selasa (30/6/2020).

Terawan mengatakan ini di tengah penjelasan pentingnya soal Telemedicine.

Telemedicine merupakan pemakaian telekomunikasi untuk memberikan pelayanan medis jarak jauh agar terhindar dari penularan Covid-19.

Menurut Terawan, Telemedicine mampu mencegah penularan Covid-19 kepada tenaga medis serta pasien yang berkunjung ke rumah sakit.

Kementerian kesehatan juga mengimbau rumah sakit-rumah sakit dan fasilitas kesehatan untuk mengembangkan dan menggunakan semakin masif pelayanan kesehatan jarak jauh.

"Atau Telemedicine dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ujar Terawan.

Terawan menjelaskan bahwa arah kebijakan pembangunan di bidang kesehatan adalah meningkatkan pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta terutama penguatan pelayanan kesehatan primer dengan mendorong peningkatan upaya promotif, preventif, didukungi inovasi dan pemanfaatan teknologi.

Terawan memaparkan, pihaknya sedang mempersiapkan regulasi terkait pelayanan kesehatan digital sehingga terbagun ekosistem digital di bidang kesehatan.

Halaman
12
Editor: Isvara Savitri
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved