Kesehatan

Dampak Olahraga Berlebihan Bagi Fisik dan Mental, Bisa Kehilangan Nafsu Makan

Sindrom overtraining juga bisa membuat kita mengalami kelelahan, nyeri otot dan sendi.

Freepik.com
Ilustrasi olahraga di rumah. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KESEHATAN - Salah satu cara mujarab menjaga kesehatan fisik dan mental adalah dengan rutin berolahraga.

Tetapi, olahraga berlebihan justru memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Pakar diet dan olahraga Chloe McLeod mengatakan rutin olahraga membantu tubuh melepaskan hormon serotonin yang memicu rasa bahagia.

"Selain itu, rutin olahraga juga baik untuk kesehatan jantung, membantu meningkatkan metabolisme, mengurangi peradangan, dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah," ucapnya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan AS (CDC), orang dewasa sebaiknya melakukan olahraga intensitas sedang atau tinggi sekitar lima jam dalam seminggu.

Sedangkan jika berolahraga lebih dari itu bisa menimbulkan efek samping.

Sebenarnya batasan kebutuhan aktif secara fisik setiap orang berbeda-beda, tergantung pada komposisi tubuh, usia, dan status kesehatan secara keseluruhan.

Namun, demi mendapatkan manfaat olahraga secara maksimal, orang dewasa rata-rata membutuhkan 2,5 hingga lima jam aktivitas fisik intensitas sedang setiap minggu.

Jika ingin melakukan olahraga intensitas tinggi, durasi waktu yang dibutuhkan hanya 1,25 hingga 2,5 jam setiap minggu.

Efek terlalu banyak berolahraga
Olahraga berlebihan bisa menyebabkan kita mengalami sindrom overtraining yang ditandai dengan menurunnya kinerja fisik dalam olahraga meski kita terus melakukan peningkatan dalam aktivitas fisik.

Halaman
12
Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved