5 Pilkada Jadi Arena ‘Pewaris Takhta’, Suksesor Tetty, GSVL, VAP, Eman hingga Elly

Hak setiap orang untuk berpolitik! Politik dinasti, sering diistilahkan politik kekerabatan menjamur di Pilkada Sulut 2020.

Kolase Tribun Manado
Jilly Eman, Michaela Paruntu, Amalia Landjar. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Hak setiap orang untuk berpolitik! Politik dinasti, sering diistilahkan politik kekerabatan menjamur di Pilkada Sulut 2020. Dari tujuh daerah yang akan menghelat pilkada di Sulut, rata-rata posisi kepala daerah berpeluang 'diwariskan' ke kerabat keluarga.

Barcelona vs Atletico: Posisi Setien Terancam

Di Kota Manado, Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut berpeluang digantikan istrinya Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR). Di Minahasa Selatan, Christiany Eugenia Paruntu (CEP) yang segera mengakhiri masa jabatan, bakal digantikan adiknya Michaela Elsiana Paruntu (MEP).

Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Landjar memproyeksikan putrinya Amalia Ramadhan Landjar maju di Pilkada Boltim. Kemudian, Bupati Minahasa Utara, Vonnie Anneke Panambunan (VAP) bakal digantikan putrinya Shintia Gelly Rumumpe (SGR).

Wali Kota Tomohon, Jimmy Feidie Eman mendorong putrinya Jilly Gabriela Eman maju Pilkada Tomohon 2020. Para figur ini berpeluang mendapat kendaraan politik maju di Pilkada Serentak.

JPAR digaransi bakal mendapat tiket maju calon wali kota dari Partai Nasdem. Bukan kebetulan Ketua DPD Partai Nasdem Manado suaminya. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Nasdem Sulut, Moktar Parapaga mengonfirmasi istri Wali Kota Manado selangkah lagi diajukan ke DPP Partai Nasdem. "Calon Nasdem Ibu Paula Runtuwene," ungkap dia.
Ia menyampaikan, untuk mengusung, Nasdem butuh koalisi. Nasdem memiliki 5 kursi DPRD Manado, masih butuh minimal 3 kursi lagi dari partai lain.

"Untuk calon wakil wali kota diserahkan ke kakak Vicky Lumentut, bangun koalisi dengan partai," ujar Wakil Bupati Kepulauan Talaud ini. Persaingan di internal Partai Nasdem sebenarnya memunculkan sejumlah nama besar.
JPAR yang berlatar belakang akademisi yakni menjabat Rektor Unima bersaing dengan para politisi. Misalnya Victor Mailangkay dan Telly Tjanggulung, istri Bupati Kepulauan Talaud Elly Angelbert Lasut.

Victor menjabat Sekretaris DPW Nasdem Sulut, saat ini menduduki posisi Wakil Ketua DPRD Sulut. Sementara Telly menjabat Ketua DPD Nasdem Minahasa Tenggara, juga mantan Bupati Mitra.

Pemerintah Pangkas Subsidi Listrik

Di Pilkada Minsel, Golkar sudah siap mengusung MEP, adik Bupati Minsel yang juga Ketua DPD I Golkar Sulut. MEP jadi satu-satunya cabup dari Golkar tanpa penantang. Bahkan figur yang ingin berpasangan dengan MEP daftarnya cukup berjubel dengan latar belakang politisi hingga birokrat.

Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) atau akrab disapa Paula Runtuwene berpeluang besar diusung Partai Nasdem.
Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) atau akrab disapa Paula Runtuwene berpeluang besar diusung Partai Nasdem. (ryo noor/tribun manado)

Golkar punya 10 kursi DPRD Minsel yang secara otomatis bisa mengusung calon. Tercatat ada tujuh nama yang punya peluang sama menjadi calon wakil bupati. Ada tiga nama yang mengikuti mekanisme Partai Golkar melalui proses pendaftaran, yaitu Ventje Tuela, Roby Sangkoy dan Franky Pasla.

Sedang empat nama lainnya berkembang belakangan. Mereka yakni Ricky Tumandoek (birokrat), John Sumual (politisi Partai Demokrat), Paulmen Runtuwene (Politisi Nasdem), dan Ridel Marentek (Politisi Golkar).

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved